oleh

Prajurit TNI Gelar Pawai Kirab Bendera Merah Putih di Pekanbaru

PENANEGERI, Riau – Pawai Kirab Bendera (flag relay) Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI tahun 2018, pada hari kedua di gelar di Provinsi Pekanbaru. Pawai diawali dengan upacara penerimaan bendera yang dipimpin oleh Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, bertempat di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Sabtu (29/9/2018).

Bendera Sang Saka Merah Putih langsung diarak dengan kendaraan bak terbuka menuju kantor Gubernur Riau oleh prajurit TNI yang berprestasi pada Asian Games XVIII tahun 2018 menuju kantor Gubernur Riau, dengan melintasi beberapa jalan protokol yang disambut meriah oleh warga masyarakat yang menyaksikan arak-arakan tersebut.

Para pembawa Kirab Bendera Merah Putih tersebut, yaitu Pratu Mar Ardianto (atlet Rowing peraih medali emas), Serda (K) Huswatun Hasanah (atlet Tinju Kelas Ringan 60 kg putri peraih medali perak dan perunggu), Serda (K) Dini Mitasari (atlet Sepak Takraw peraih medali perunggu), Serda Jas Rio Akbar (atlet Dragon Boat 1.000 meter dan 500 meter peraih medali perak) dan Serda Bah/W Ririn Pujiastuti (atlet Dragon Boat 200 meter peraih medali perak) bersama sejumlah prajurit TNI perwakilan tiga matra pembawa Pataka.

Setibanya di kantor Gubernur Riau, para prajurit TNI yang membawa Bendera Sang Saka Merah Putih disambut dengan Tari Persembahan (Makan Sirih) dan diterima oleh Plt Gubernur Wan Thamrin Hasyim didampingi Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Kapolda Riau Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka serta para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Selanjutnya Bendera Sang Saka Merah Putih yang dibawa oleh para prajurit TNI tersebut, dilepas dengan upacara di halaman Gedung Daerah Provinsi Riau yang dipimpin oleh Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto. Setelah itu, diarak dari depan Tugu Juang menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Kirab Bendera Merah Putih diarak keliling kota diikuti kelompok Marching Band SMA Cendana Pekanbaru, kelompok pembawa bendera Mabes TNI dan Mabes Angkatan, rombongan atlet TNI dan atlet Pekanbaru, pejabat Forkopimda dan Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Alutsista TNI AD diantaranya Panser Tarantula dan Panser BTR-40 serta Panser Baracuda dari Kepolisian.

Pawai Kirab Bendera Merah Putih tersebut mengelilingi Kota Pekanbaru dan menyapa masyarakat yang sejak pagi hari sudah berdiri disepanjang jalan yang dilintasi. Setelah dari Pekanbaru, dilanjutkan ke Palembang-Sumatera Selatan.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Pawai Kirab Bendera Merah Putih tersebut, secara estafet akan berkeliling di beberapa kota Indonesia yang dibawa oleh Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU mulai tanggal 28 September 2018 s.d. 4 Oktober 2018. Pawai bendera di Pekanbaru ini merupakan rangkaian dari jelajah Indonesia ke sejumlah kota-kota besar di Indonesia, setelah sebelumnya menyinggahi Kota Sabang dan Banda Aceh.

Gelar Kirab Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI tahun 2018, akan melalui beberapa wilayah Indonesia yaitu Sabang-Banda Aceh, Pekanbaru-Riau, Palembang-Sumsel, Solo-Jateng, Surabaya-Jatim, Balikpapan-Kaltim, Manado-Sulut, Makassar-Sulsel, Kupang-NTT, Ambon-Maluku, Sorong-Jayapura dan berakhir di Merauke-Papua. (*/Pen)

Komentar

Berita Terbaru