oleh

Pramuka SMPN 1 Bireuen Ikut Pembekalan Penanggulangan Bencana

PENANEGERI, Bireuen – 113 siswa SMPN 1 Bireuen yang tergabung dalam Kwarcab Pramuka Bireuen serta 50 siswa SMA/SMK mengikuti pendidikan dan latihan dasar pramuka peduli penanggulangan bencana yang dipusatkan, di Gedung Olah Raga (GOR) Geulumpang Payong, Jeumpa, Bireuen, Minggu (23/9).

Selaian kegiatan tersebut, seluruh peserta juga ikut melakukan gotong royong membersihkan kompleks GOR yang selama ini telah ditumbuhi semak belukar, akibat tak difungsikan.

Ketua Pramuka Kwarcab Bireuen, Khairul Umam didampingi Said Khairi kepada Penanegeri.com, Minggu (23/9) mengatakan, kegiatan pendidikan dan latihan dasar pramuka peduli penanggulangan bencana ini berlngsung selam 3 hari dan berakhir hari ini dengan melibatkan instruktur dari tim SAR.

“Selain penanggulangan dan resiko bencana, mereka juga dibekali simulasi bencana alam, bensos lingkungan, panjat tebing serta tentang penanggulangan refling dan prusiking di alam,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun mengaku, tujuan pelaksanaan pendidikan dan latihan dasar pramuka peduli penanggulangan bencana ini, guna mendidik kemandirian siswa yang terlibat dalam pramuka.

“Ini juga pembelajaran untuk membentuk karakter siswa dengan lingkungan, kerjasama, kepedulian sosial serta dapat mempererat silaturrahmi dengan warga sikitar,” terangnya.

Di samping pelatihan ini, lanjut Ibrahim Harun yang juga telah berhasil mengembangan Marching Band Gita Batee Kureng di SMPN 1 Bireuen hingga meraih juara Aceh ini melatih anak-anak mandiri, sambil belajar ibadah agama.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, kedepan mereka mampu membantu warga di lingkungannya masing-masing, terutama bencana alam, ini juga salah satu pembelajaran mencintai lingkungan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru