oleh

PT Seumadam Diminta Pekerjakan Kembali Karyawannya Hingga Keputusan Inkrah dari PHI

-Aceh-168 views

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) DPRK Aceh Tamiang terhadap penyelesaian karyawan PT Seumadam telah disampaikan pada rapat paripurna, Rabu (7/11).

Ketua Panitia Khusus DPRK Aceh Tamiang, Irma Suryani, SST, M.Kes, kepada Penanegeri.com, Rabu (7/11) mengatakan, Tim Pansus menyarankan kepada Bupati Aceh Tamiang agar memerintahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang selaku leading sektor yang membidangi ketenagakerjaan untuk memfasilitasi karyawan yang di PHK ke lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Kemudian, Pansus juga menyarankan kepada Bupati Aceh Tamiang untuj berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Aceh agar segera menindaklanjuti hal-hal yang menjadi temuan berdasarkan data dan laporan dari pihak-pihak terkait terhadap prosedur ketenagakerjaan PT Seumadam serta agar bertindak lebih aktif dan konsistensi mengawasi kinerja perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kita merekomendasikan kepada Bupati Aceh Tamiang agar meminta kepada pihak PT Seumadam untuk mempekerjakan kembali karyawan yang telah di PHK sampai dengan dikeluarkannya keputusan inkrah dari lembaga perselisihan hubungan industrial dari Provinsi Aceh,” tegasnya.

Dijelaskannya, pasca dibentuknya Pansus, pihaknya bertugas untuk mengumpulkan data dan informasi terkait dengan permasalahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan PT Seumadam, melakukan rapat-rapat pembahasan mengenai permasalahan PHK karyawan PT Seumadam dengan pihak terkait serta membuat dan menyampaikan laporan hasil pembahasan sebagai rekomendasi terhadap penyelesaian permasalahan PHK PT Seumadam.

Selain itu, lanjut Irma, setelah mengumpulkan bukti dan data serta keterangan-keterangan dari pihak terkait, Pansus menghasilkan rekomendasi seperti yang telah disampaikan diatas.

“Pansus ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan DPRK Aceh Tamiang, Nomor : 11 Tahun 2018, tanggal 24 September 2018, tentang Panitia Khusus DPRK Aceh Tamiang terhadap penyelesaian karyawan PT Seumadam,” tandas Caleg DPRA Dapil 7 Langsa-Aceh Tamiang itu.

Diberitakan sebelumnya, pembentukan Pansus DPRK Aceh Tamiang berawal dari adanya polemik karyawan PT Semadam yang di PHK secara sepihak oleh perusahaan dan berbuntut pada aksi demo.

Komentar

Berita Terbaru