oleh

Puisi Sukmawati Berbuntut Laporan ke Polisi

PENANEGERI, Jakarta – Puisi ‘Ibu Indonesia’ oleh Sukmawati Soekarnoputri selain menjadi viral dan menuai kontroversi, juga berakibat Sukmawati akan dilaporkan ke Polisi oleh berbagai pihak.

Bait-bait puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputri dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 akhir pekan lalu, di dalam puisi tersebut menyebut mengenai azan dan juga cadar.

Untuk itu, Ketua Umum Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Rahmat Himran mengatakan pihaknya pada hari Kamis (5/4) mendatang berencana akan melaporkan Sukmawati Soekarno Putri ke Bareskrim Mabes Polri terkait pembacaan puisi berjudul “Ibu Indonesia” yang dinilainya sangat menyinggung perasaan umat Islam.

Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) meminta Sukmawati meminta maaf kepada umat Islam, atas puisinya yang berjudul ‘Ibu Indonesia’ bila tidak maka akan dilaporkan ke kepolisian.

“Minta maaf kepada umat Islam, siaran langsung oleh seluruh media, bahasanya dia khilaf atau mungkin mengaku salah terhadap umat Islam,” sebutnya.

Bila Sukmawati menyanggupi meminta maaf, rencana pelaporan itu akan dibatalkan. Namun, bila tidak, FUIB bersama ormas Islam lainnya disebut akan melaporkan Sukmawati ke Bareskrim Polri pada Kamis (5/4).

Baca Juga  Polisi Menghentikan Penyelidikan Kasus Puisi 'Ibu Indonesia' Sukmawati

“Umat Islam kan pemaaf. Kalau sudah mengakui salah, kita memberi maaf kepada dia. Kalau dia tetap berkukuh, akan kita laporkan,” kata Rahmat.

“Rencana hari Kamis (dilaporkan). Kita buka kesempatan hari Selasa dan Rabu untuk minta maaf. Jika dalam waktu itu Ibu Sukmawati tidak minta maaf, kita akan tetap laporkan,” sambungnya.

Dalam pengumumannya, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) bermaksud akan melaporkan Sukmawati Soekarno secara resmi di Bareskrim Mabes POLRI, pada hari Kamis, 5 April 2018, pukul 13.00 WIB (Ba’da Sholat Dzuhur), dengan terlebih dahulu massa FUIB akan berkumpul di Masjid Al fatah Jalan Menteng Raya Nomor 58 Jakarta Pusat, sebelum melapor ke Mabes POLRI.

Selain itu, terkait puisi Sukmawati ini, pada hari selasa (3/4), ada seorang pengacara bernama Denny Adrian Kushidayat yang telah secara resmi melaporkan Sukmawati ke Polda Metro Jaya.

Laporan Denny ke Sukmawati bernomor LP/1782/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimum atas dugaan Penodaan Agama Islam sebagaimana diatur dalam Pasal 156 A KUHP dan atau Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. (*)

Komentar

Berita Terbaru