oleh

Putin dilantik sebagai Presiden Rusia untuk Masa Jabatan Keempat Kalinya

PENANEGERI, Internasional- Vladimir Putin telah dilantik sebagai presiden Rusia untuk keempat kalinya, untuk masa jabatan enam tahun lagi.

Pemimpin Rusia berusia 65 tahun itu diambil sumpahnya dalam upacara resmi di Istana Grand Kremlin di ibukota, Moskow, pada Senin (7/5), 18 tahun setelah ia pertama kali berkuasa.

Masa jabatan presiden keempat Putin muncul setelah dia dengan mudah memenangkan pemilihan pada bulan Maret 2018, dengan menerima 76 persen suara.

Calon lainnya yakni Pavel Grudinin berada di urutan kedua dengan 11,8 persen, diikuti oleh Vladimir Zhirinovsky dengan 5,6 persen, menurut hasil resmi.

“Saya menganggap itu tugas saya dan rasa hidup saya untuk melakukan segalanya untuk Rusia untuk saat ini dan masa depan – untuk masa depan yang damai dan makmur – dan kesejahteraan setiap keluarga Rusia,” kata Putin dalam pidato di upacara, seperti dikutip oleh kantor berita Aljazeera.

“Saya dapat meyakinkan Anda tujuan hidup saya, pekerjaan saya akan seperti sebelumnya untuk melayani rakyat dan tanah air kami,” tambahnya.

Baca Juga  Russia dan Filipina Tandatangani Perjanjian Kerjasama Pertahanan

Berbicara kepada anggota pemerintah pada hari Minggu, Putin berbicara tentang tantangan utama dan tugas yang terbentang di depan selama masa jabatan berikutnya.

“Secara umum, tugas utama kami untuk beberapa tahun ke depan adalah peningkatan pendapatan riil warga negara yang signifikan,” katanya, menurut rilis pers Kremlin.

Putin telah mengusulkan Dmitry Medvedev untuk jabatan perdana menteri, demikian Kremlin menegaskan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (7/5).

Vladimir Putin menjadi perdana menteri negara itu pada tahun 1999.

Kurang dari lima bulan kemudian, ia mengambil alih kepresidenan pada usia 47 tahun.

Citra “macho man” telah memicu popularitas Putin di Rusia. (*)

Komentar

Berita Terbaru