oleh

Rektor IAIN Langsa Harus Kredibel

-Aceh-206 views

PENANEGERI, Langsa – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yang akan ditetapkan oleh Menteri Agama (Menag) RI untuk periode 2019–2023 nantinya, haruslah sosok yang memiliki kredibiltas sebagai seorang pemimpin, yaitu sosok yang memiliki kualitas dan kelayakan (kapabilitas) dalam kepemimpinan untuk menimbulkan kepercayaan civitas akademika dalam membangun lembaga.

Demikian disampaikan, Sekretaris Umum Pengurus Pusat Korps Alumni Zawiyah Cot Kala (PP-KOPAZKA) IAIN Langsa, Muhammad Mundzir Yunus, M.Ag kepada Penanegeri.com, Rabu (31/10).

Menurutnya, kemajuan IAIN Langsa sebagai perguruan tinggi negeri yang pertama di Kota Langsa kedepannya, sangat ditentukan oleh kepemimpinan yang dapat diterima semua kalangan civitas akademika.

“Artinya Rektor IAIN Langsa kedepan harus memiliki sikap mengayomi, tidak arogan, bertanggungjawab terhadap keilmuan dan memiliki pengalaman kepemimpinan yang professional. Selain itu juga harus memiliki jaringan kerja dengan pemerintah daerah baik Walikota maupun Bupati serta para pemangku kebijakan lainnya ditingkat regional dan nasional,” sebut Mundzir.

Untuk mewujudkan sosok Rektor IAIN Langsa yang kredibel tersebut, sambung Mundzir, maka diperlukan peran panitia penjaringan Balon Rektor IAIN Langsa dan dewan senat IAIN Langsa untuk melakukan penyeleksian dan penilaian para Balon yang mendaftar dengan selektif mungkin untuk pengajuan sebagai calon Rektor IAIN Langsa kepada Menag RI melalui Komisi Seleksi.

Baca Juga  PEMA IAIN Langsa Nilai Perekrutan Balon Rektor Telah Sesuai Prosedur

Lanjutnya, peran panitia dan dewan senat dalam proses ini adalah dengan memedomani Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 68 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Rektor dan Ketua pada Perguruan Tinggi Keagamaan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Khususnya pada pasal 3 tentang persyaratan Bakal Calon Rektor/Ketua, sub umum poin 4, yaitu memiliki pengalaman manajerial pada perguruan tinggi paling rendah ketua jurusan atau sebutan lain, paling singkat 2 tahun. Disini panitia dan dewan senat harus cermat memaknai pengalaman manajerial dan kategori jabatan manajerial dengan merujuk pada referensi yang kredibel,” jelas Mundzir.

Karenanya, untuk merawat iklim kekeluargaan dan kekompakan dikalangan civitas akademika IAIN Langsa yang telah dibangun selama ini dibawah kepemimpinan Rektor Dr. H. Zulkarnaini, MA. PP-KOPAZKA mengharapkan kepada panitia penjaringan dan dewan senat tidak salah dalam merekomendasikan para calon Rektor kepada Komisi Seleksi Kementerian Agama RI.

Komentar

Berita Terbaru