oleh

Roman Abramovich Enggan Lepas Chelsea

PENANEGERI, Sepakbola – Roman Abramovich tetap menegaskan komitmen kepada Chelsea meskipun ada rumor yang mengatakan bahwa ia sedang menjajaki kemungkinan menjual klub untuk lebih dari £ 2 miliar, seperti dikatakan sumber dari internal klub yang dilansir ESPN, Senin (27/8).

Sebuah laporan di Sunday Times mengklaim Abramovich telah meminta Joe Ravitch dari bank investasi yang berbasis di New York, Raine Group, untuk memberikan saran mengenai tinjauan strategis setelah menolak tawaran pengambilalihan dari taipan kimia asal Inggris Sir Jim Ratcliffe dan Silver Lake Partners (sebuah perusahaan ekuitas swasta AS) pada awal tahun ini.

Raine menyarankan pemilik Manchester City melakukan penjualan saham minoritas kepada investor asal China, dan Sunday Times melaporkan bahwa Abramovich menolak Ratcliffe dan Silver Lake karena dia bertahan untuk penawaran yang lebih tinggi.

Tetapi beberapa sumber di sisi Chelsea mengatakan bahwa Abramovich tidak berniat menjual Chelsea dan tetap bertekad untuk memberikan dukungan pada klub untuk meraih trofi penting di tahun-tahun mendatang.

Masa depan Abramovich sebagai pemilik raksasa kota London itupun menjadi subjek spekulasi setelah pemerintah Inggris menolak memperpanjang visa investor Tier-1 musim panas ini, yang secara efektif menolak izinnya untuk masuk ke Inggris. Keputusan itu dibuat di tengah ketegangan politik yang meningkat antara Inggris dan Rusia.

Dia menanggapi dengan mengajukan usulan pembangunan kembali sebesar £ 1 miliar di Stamford Bridge tanpa batas, mengutip hal itu sebagai “iklim investasi yang tidak menguntungkan.”

Diberikan status kewarganegaraan Israel pada bulan Mei membuat Abramovich memiliki hak untuk memasuki Inggris tanpa memerlukan visa, tetapi ia tidak diperbolehkan untuk melakukan apapun yang dapat ditafsirkan sebagai bisnis dan tidak jelas apakah kegiatan yang berkaitan dengan kepemilikannya atas Chelsea akan digolongkan sebagai bisnis yang dimaksud.

Sejak membeli Chelsea seharga £ 150 juta pada 2003 silam, kekayaan finansial Abramovich telah membukukan era keemasan yang telah menghasilkan 15 trofi bergengsi. Dia telah menginvestasikan sekitar £ 1,1 miliar di klub, yang sekarang berdiri sebagai pinjaman tanpa bunga untuk menahan perusahaan Fordstam Limited, secara teoritis dapat dibayar kembali dalam jangka waktu 18 bulan.

Komentar

Berita Terbaru