oleh

Rooney Kembali Masuk Skuad Inggris

PENANEGERI, Sepakbola – Wayne Rooney akan kembali masuk skuad Inggris untuk pertandingan persahabatan minggu depan melawan Amerika Serikat, dengan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) memberi penghormatan pada pencetak gol terbanyak tim nasional untuk usahanya selama karirnya.

Gareth Southgate telah mengambil keputusan mengejutkan untuk membawa Rooney, yang pensiun dari sepakbola internasional tahun lalu, untuk pertandingan di Wembley pada 15 November.

Pemain berusia 33 tahun itu kemungkinan akan memulai di antara pemain pengganti tetapi niatnya adalah untuk mendapatkan cap ke-120 dan berusaha untuk menambah rekornya dengan catatan 53 gol, dimana penyerang DC United tersebut mengatakan bahwa itu akan menjadi “momen spesial” dan dia berharap bisa memberikan beberapa pengalamannya ke skuad.

Pertandingan ini telah diperuntukkan untuk mengumpulkan dana bagi Wayne Rooney Foundation, yang berusaha menghasilkan lebih dari £ 500.000 untuk berbagai badan amal anak-anak termasuk NSPCC. Namun langkah itu masih mempertaruhkan tuduhan FA yang mendevaluasi jadwal pertandingan, yang datang tiga hari sebelum pertandingan liga Inggris yang berpotensi menentukan dengan Kroasia di tempat yang sama.

Baca Juga  Harry Winks Targetkan Piala Dunia

Tim asuhan Southgate masih bisa bercita-cita untuk memuncaki grup namun tergantung pada hasil pertandingan Kroasia dengan Spanyol di Zagreb pada malam yang sama dengan pertandingan persahabatan Inggris melawan AS.

Badan pengelola dan manajer nasional itu menganggap ini sebagai keadaan yang unik, dan berpotensi “sekali-dalam-satu-generasi”.

Mereka akan membandingkannya dengan penghormatan yang diberikan Jerman kepada Lukas Podolski, ketika melawan Inggris di Dortmund tahun lalu, setelah menjalani 130 pertandingan. Atau penghormatan Belanda pada Wesley Sneijder dengan memberikan caps ke-134 sekaligus menjadi pertandingan terakhirnya melawan Peru pada bulan September.

Tak satu pun dari para pemain itu telah keluar dari panggung internasional seperti Rooney, yang mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Agustus 2017 setelah menolak kesempatan untuk terlibat dalam skuad untuk kualifikasi Piala Dunia melawan Malta dan Slovakia. Namun FA ingin mengakui prestasi Rooney dengan tim nasional, terutama mengingat sifat pensiunnya yang agak mendadak.

Southgate, yang mengumumkan skuadnya pada hari Kamis, berharap mantan striker Everton dan Manchester United itu berada di St George’s Park dalam persiapan ke pertandingan AS akan membuktikan pengaruh yang baik pada generasi muda, dengan orang-orang seperti Jadon Sancho, Mason Mount dan James Maddison telah dimasukkan dalam skuad yang tampil di Kroasia dan Spanyol bulan lalu.

Baca Juga  Dapat Grup Menguntungkan, Southgate Tak Ingin Besar Kepala

“Hubungan antara FA dan mantan pemain Inggris adalah sesuatu yang selalu sangat penting bagi saya,” kata Southgate seperti dilansir The Guardians, Kamis (8/11).

“Penghormatan kepada Wayne ini adalah kesempatan unik yang cocok bagi pencetak rekor negara kami. Kami beruntung keadaan memungkinkan kami untuk secara resmi mengakui kontribusi besar Wayne untuk Inggris di depan penggemar di Wembley dan menghadapi lawan yang tepat mengingat dampak yang baru-baru ini dia lakukan di MLS,” tandas Southgate.

Komentar

Berita Terbaru