oleh

RSU Bireuen Tersedia Alat “Vitrectomy” Khusus Operasi Mata

PENANEGERI, Bireuen – Untuk menunjang pelayanan medis bagi masyarakat Bireuen, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen telah tersedia alat Vitrectomy.

Peralatan Vitrectomy ini, guna mendukung tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat cairan mata, vitreus, yang ada di mata bagian tengah.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar MARS melalui Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Pelayanan Penunjang Medis, dr Minar Mushari, Sp. S kepada Penanegeri.com, Senin (29/10) menjelaskan, alat operasi vitrectomy direncanakan beroperasi pada 3 November 2018 mendatang.

“Alat Vitrectomy ini sendiri mendukung untuk tindakan pembedahan yang dilakukan dengan mengangkat cairan mata, vitreus yang ada di mata bagian tengah. Biasanya operasi dilakukan untuk mengatasi lepasnya retina dari dinding belakang mata (ablasio retina),” katanya.

Sejauh ini, tim BPJS telah melakukan kredensial untuk kesiapan dan kelayakan Alkes dan SDM untuk tindakan tersebut.

“Insya Allah alat ini segera dilakukan launching operasi  perdana oleh Bupati Bireuen, dan Vitrectomy sendiri peralatan yang pertama di Aceh,” terangnya.

Diakui dr Minar Mushari, Sp.S untuk pengoperasian alat Vitrectomy hanya dapat dilakukan oleh seorang dokter spesialis mata, khususnya yang menangani berbagai masalah  pada retina.

Untuk medukung operasi Vitrectomy sendiri, pihaknya sudah melengkapi dengan Optical Coherence Tomography (OCT) dan laser photokuagulasi.

Selama pembedahan itu sendiri, tambah dr Minar Mushari akan ditangani oleh dr Fauzan T. Banta, Sp.M dan merupakan dokter spesialis mata, yang dimiliki rumah sakit dr Fauziah Bireuen.

“Kita sangat  mengharapkan dukungan semua pihak,  kehadiran alat terbaru ini akan membantu kesehatan masyarakat Bireuen dan Aceh umumnya,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru