oleh

Rumah Sakit Umum Bireuen Resmi Layani Operasi Vitrektomi Perdana di Aceh

PENANEGERI, Bireuen – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen resmi melayani kelainan selaput saraf mata bagi masyarakat, dengan diresmikannya pelayanan Mata Vitreoretina dan Operasi Perdana Vitrektomi.

Pelayanan Mata Vitreoretina dan Operasi Perdana Vitrektomi di rumah sakit pelat merah itu siap beroperasi, usai diresmikan oleh Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos, Sabtu (3/11).

“Kalau sebelumnya, warga harus berobat ke Jakarta, bahkan ke luar negeri, tetapi masyarakat Aceh yang menderita vitreoretina bisa dilayani di rumah skiat umum Bireuen,” ujar Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr. Mukhtar, MARS.

Untuk pengoperasiannya, saat ini di Bireuen telah ada dokter mata khusus yang menangani vitreoretina, bahkan telah memiliki ilmunya di RSCM Kirana, Jakarta yakni dr. Fauzan T. Banta, Sp.M.

Sebelum peresmian itu, dr Anggun Rama Yudhanta, Sp.M dari RSCM Kirana Jakarta menyempatkan diri mempresentasikan tentang vitreoretina.

Menurutnya, retina ini merupakan bagian belakang mata yang mengandung sel-sel saraf dan berfungsi sebagai penerjemah apa yang dilihat mata ke dalam otak.

Sedangkan vitreous merupakan suatu gel transparan dan tidak berwarna yang mengisi ruang di antara lensa mata dan retina. Fungsi kedua organ ini sangat vital bagi mata.

“Apabila salah satu atau kedua bagian ini mengalami kelainan, maka bisa menimbulkan gangguan penglihatan yang berat, bahkan bisa mengalami kebutaan,” ungkapnya.

Selama ini, tambah dr. Anggun Rama, di Indonesia sendiri belum banyak institusi kesehatan mata yang menyediakan pelayanan khusus vitreoretina, kecuali  di RSCM Kirana Jakarta.

“Maka dengan kehadiran pelayanan khusus vitreoretina di Bireuen, tentu sebuah kebanggaan bagi warga Aceh, dan tidak harus ke Jakarta dengan biaya yang cukup besar,” katanya.

Launching pelayanan khusus vitreoretina tersbeut dibuka Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos dan turut hadiri Wakil Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, Ketua DPRK Bireuen Ridwan Muhammad, SE. M.Si, Ketua Komisi C DPRK Bireuen Drs. M. Jamil Daud, unsur Forkopimda, dokter spesialis dan umum.

Usaia kegiatan launching, dilanjutkan operasi perdana vitrektomi terhadap beberapa pasien mata yang berasal dari sejumlah daerah di Aceh dan ditangani dr. Fauzan T. Banta, Sp.M dan paramedis.

Komentar

Berita Terbaru