oleh

Santri Diminta Tebarkan Kedamaian

-Aceh-8 views

PENANEGERI, Aceh Timur – Para santri yang ada diseluruh Indonesia khususnya Aceh Timur, diminta untuk selalu menebarkan kedamaian, dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun.

“Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik ditengah-tengah keragaman masyarakat,” demikian disampaikan Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un, saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018, Senin (22/10) di Yayasan Nurul Ulum Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Menurutnya, peringatan hari santri merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderisasi Islam di Indonesia.

Karena, isu perdamaian dalam hari santri ini diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya Hoax, ujaran kebencian, polarisasi, simpatisan politik, propaganda kekerasan hingga terorisme.

Hadir dalam upacara hari santri tahun ini diantaranya, unsur Forkopimda Aceh Timur, jajaran Kankemenag Aceh Timur, para pimpinan dayah, balai pengajian, para kepala madrasah dan kepala KUA, dan ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Aceh Timur.

Komentar

Berita Terbaru