oleh

SBY Walk Out dari Acara Deklarasi Kampanye Damai, Ini Alasannya

PENANEGERI, Jakarta – Mantan Presiden RI ke-6,  sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memutuskan untuk meninggalkan lokasi acara pawai deklarasi kampanye damai di Monas, hari Minggu (23/9).

SBY memilih walk out pada Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 yang digelar KPU di Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018), karena merasa banyak kesepakatan terkait atribut parpol saat deklarasi kampanye damai dilanggar saat acara deklarasi kampanye damai.

SBY yang ikut dalam defile rombongan pawai turun dari mobil golf yang ditumpanginya dan kemudian tampak meninggalkan acara.

SBY bersama Ani Yudhoyono, dan kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Eddy Baskoro Yudhoyono meninggalkan acara setelah 5 menit setelah pembukaan.

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY walkout karena merasa banyak aturan yang dinilai dilanggar pendukung Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan tidak bisa mengontrol semua simpatisan.

“Sebetulnya sudah kita atur itu semua di dalam jalur karnaval. Karena kalau di luar itu kita tidak bisa nuntut. Tiba-tiba banyak orang berdiri di pinggir jalan dan mengibarkan sesuatu tidak bisa membatasi,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Arief mengatakan kesepakatan mengenai deklarasi damai hari ini sudah dirapatkan bersama dengan partai. Dirinya juga tidak bisa melarang kampanye karena hari ini memang sudah resmi dimulai.

“Ini sudah masa kampanye artinya orang boleh saja kampanye sepanjang regulasi dipatuhi. Khusus acara ini sebenarnya semua terkontrol dari jumlah kaos dan atribut, diberikan semua, diperlakukan adil,” jelas Arief.

SBY meninggalkan lapangan Monas saat acara deklarasi kampanye lima menit setelah pembukaan. (*/dtc)

Simak Channel dalam Youtube :

Komentar

Berita Terbaru