oleh

Selain IQ, Ini 2 Jenis Kecerdasan yang Harus Anda Miliki

PENANEGERI, Sosial – Kebanyakan orang menganggap IQ adalah satu-satunya kecerdasan yang harus dimiliki oleh manusia. Tingginya skor IQ seseorang juga dianggap bisa menentukan kesuksesan seseorang.

Padahal, selain IQ masih ada 2 jenis kecerdasan lain yang wajib dimiliki agar bisa hidup dan berbaur dengan masyarakat dengan baik serta meraih sebuah kesuksesan hidup.

Kecerdasan yang harus dimiliki selain IQ adalah SQ dan EQ, ketiga kecerdasan ini harus Anda miliki secara seimbang untuk meraih sebuah keberhasilan.

Menguasai satu jenis kecerdasan saja tidak bisa membuat seseorang berhasil dalam hidup dan harus diimbangi dengan kecerdasan lainnya. Apa saja kecerdasan tersebut?, simak ulasan di bawah ini.

Kecerdasan yang Harus Anda Miliki Selain IQ

IQ (Intelligence Quotient) atau Kecerdasan Intelektual

Sebelum membahas 2 kecerdasan lain selain IQ, alangkah lebih baik Anda juga memahami dengan baik apa itu IQ sendiri.

IQ merupakan skor yang diraih dari sebuah alat pengukur kecerdasan sedangkan kecerdasan intelektual adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara rasional menggunakan kemampuan mentalnya. Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan seseorang tidak bisa dilihat hanya dari skor IQ yang dimilikinya.

IQ erat kaitannya dengan kemampuan kognitif dan daya tangkap otak. Umumnya seseorang menggunakan sekitar 4 hingga 5 persen kapasitas otak dan orang jenius menggunakan sekitar 5 hingga 6 persen dari kapasitas otaknya.

Berikut ini pembagian kecerdasan berdasarkan skor IQ; Idiot (0-25), Imbecile (25-50), Dungu (50-70), Perbatasan (70-80), Bodoh (80-90), Normal (90-110), Super (110-120), Sangat Super (120-140) dan Genius (di atas 140).

EQ (Emotional Quotient) atau Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosi erat kaitannya dengan perasaan seseorang. Seseorang dengan tingkat kecerdasan emosi yang tinggi akan mampu menahan emosinya dan mengarahkan emosi pada dirinya pada hal-hal positif.

Selain itu kecerdasan emosi juga akan membuat seseorang bisa memotivasi dirinya sendiri dan menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Biasanya seseorang dengan EQ tinggi akan memiliki sifat yang jujur, bijaksana, bertanggung jawab, mampu menjalin kerja sama dengan orang lain dengan baik dan memahami lingkungan di sekitarnya. Orang dengan kecerdasan EQ tinggi sangat cocok menjadi seorang pemimpin.

Dibandingkan IQ, EQ memiliki kontribusi terhadap keberhasilan seseorang jauh lebih tinggi. Jika IQ mampu memberikan pengaruh sebesar 20%, EQ bahkan mampu menyumbang kontribusi terhadap keberhasilan seseorang sebesar 80%.

EQ yang tinggi akan menimbulkan keseimbangan dan kebahagiaan dalam diri seseorang. Kecerdasan emosi akan membuat Anda mampu memotivasi diri, memiliki kesadaran yang tinggi, bersosialisasi dengan baik, dan mengelola konfik dengan baik.

SQ (Spiritual Quotient) atau Kecerdasan Spiritual

Spiritual Quotient atau kecerdasan spiritual merupakan kemampuan dalam menghadapi persoalan-persoalan yang bersifat value seperti kemampuan untuk menempatkan perilaku hidup yang lebih bersifat lebih luas.

SQ adalah kecerdasan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap hal yang dikerjakan melalui pemikiran ataupun langkah-langkah yang lebih bersifat fitrah dalam rangka mencapai kualitas hanif dan ikhlas.

Dari keterangan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa SQ merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang karena tindakan atau perbuatan yang dilakukan berdasarkan suara hati.

Seseorang dengan kecerdasan SQ tinggi akan mampu menghadapi penderitaan dan permasalahan yang muncul dalam hidup dengan baik.

Setelah masalah yang dihadapi selesai maka selanjutnya orang tersebut bisa mengambil makna positifnya. Kecerdasan spiritual ini akan membuat manusia memiliki kehidupan yang seimbang dengan Tuhan walaupun tidak selamanya SQ bisa dihubungkan dengan agama.

Agar bisa hidup dengan baik, Anda harus memiliki ketiga kecerdasan di atas. IQ untuk berpikir dan melihat, EQ untuk mengolah dan SQ untuk mengatur akal.

Komentar

Berita Terbaru