oleh

Sempat Tergelincir di Valencia, Ini Penjelasan Marc Marquez

PENANEGERI, Moto GP – Marc Marquez mengatakan bahwa insiden yang hampir membahayakan peluang meraih gelar Moto GP 2017 di Valencia disebabkan oleh rasa takut jika terjadi tabrakan dengan Johann Zarco.

Pembalap Honda itu hanya perlu finish dalam posisi 11 besar di Valencia untuk memastikan gelar juara dunia keempat dalam lima musim.

Dia tampil baik di belakang Zarco yang mewakili tim Tech 3 Yamaha, namun melewati pembalap Prancis itu di tikungan terakhir dengan tujuh lap tersisa.

Marquez, yang menyelesaikan balapan di urutan ketiga dan meraih gelar juara, mengakui bahwa ia terlalu terburu-buru mencoba melepaskan diri dari rookie Tech 3 tersebut, yang telah mengumpulkan reputasi baik dalam debut di Moto GP tahun ini.

“Saya berada di belakang Zarco dan saya bisa mnjadi jauh lebih cepat. Tapi saya bilang ‘ok, tetap tenang. Ketika saya menyalip Zarco untuk mencoba berada di posisi terdepan karena saya merasa lebih baik, saya sedikit merasa takut. Saya takut Zarco memasuki jalur saya dan terjadi kontak. Saya memutuskan untuk mempercepat laju motor tapi saya memegang gas terlalu keras,” kata Marc Marquez saat berbicara dengan BT Sport, Minggu (12/11).

Baca Juga  Honda Umumkan Jorge Lorenzo Jadi Rekan Marquez di 2019-2020

Setelah gagal mengendalikan motornya, Marquez melebar dari jalur dan menahan motornya agar tidak jatuh dengan lengan dan kaki kirinya.

Kecelakaan akan membuat peluang gelarnya dalam bahaya karena Andrea Dovizioso masuk dalam lima besar, tapi Marquez menjelaskan bahwa “sangat sulit” dan “tidak mungkin” untuk mempertahankan pendekatan yang bebas risiko.

Pembalap Spanyol itu menambahkan,” Selama balapan, saya selalu berusaha untuk lebih tenang, mencoba mengendalikan situasi. Tapi tiba-tiba saya bilang ‘oke sekarang saatnya untuk mendorong lebih keras’ karena saya merasa sangat baik.”

“Tapi di tikungan pertama, saya kehilangan konsentrasi di titik rem, rem yang saya buat terlambat dan Anda tahu seperti apa ciri khas Marquez sampai akhir,” tambahnya.

Kemudian ditanya tentang peluangnya musim depan, Marquez mengatakan,” Saya senang dengan dukungan tim Honda. Ini adalah tahun-tahun terbaik dalam karir saya. Tapi untuk mempertahankan yang ada saat ini, akan menjadi lebih sulit, banyak pembalap muda yang luar biasa. Secara teknis, mungkin hanya perlu perbaikan di masing-masing motor,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru