oleh

Sempat Unggul dan Tertinggal Jauh, Zarco : Ban Saya Bermasalah

-MotoGP-12 views

PENANEGERI, Moto GP – Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, telah mengungkapkan masalah ban depan yang menyebabkan dia keluar dari persaingan untuk meraih kemenangan di GP pembuka musim 2018 di Qatar.

Setelah menjalani uji coba sebagai yang tercepat, Zarco terus memimpin sampai lap ke-17 dari 22 lap, unggul atas Valentino Rossi, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Tapi dia akhirnya disusul oleh Marquez dan Dovizioso pada lap ke-18, dan sejak saat itu merosot ke posisi 8. Berbicara setelah balapan, Zarco – yang masih mengejar kemenangan pertama di Moto GP – mengatakan bahwa dia tidak memiliki alasan untuk merasa kecewa dengan penampilannya, karena dia sudah masuk dalam persaingan jika bukan masalah ban.

“Saya harus merasa bahagia. Saya senang memimpin balapan dengan banyak lap, juga senang karena hal itu terkendali, meski tidak cukup untuk membuat dorongan lebih jauh. Saya menunggu kemungkinan lawan menyusul saya dan kami mulai bersaing, tapi akhirnya saya bisa bertahan di depan,” ujar Zarco seperti dilansir laman MotoGP, Senin (19/3).

“Tapi setelah delapan atau sembilan lap saya merasakan keanehan di bagian depan motor. Jadi saya khawatir dan berpikir mungkin mereka akan memiliki masalah yang sama. Dan kemudian lima lap sampai akhir, ketika masalah ini semakin parah dengan ban depan, saat mereka menyalip saya, saya tidak bisa bersaing karena saya terlalu sering tergelincir di tikungan,” tambahnya.

“Jadi saya harus berusaha mempertahankan posisi saya, tapi kecepatan saya melambat terlalu banyak. Saya selesai ditempat kedelapan dengan masalah teknis, saya rasa saya bisa bahagia tentang itu. Saya menikmati waktu memimpin balapan, dan melakukan balapan dengan cara ini, ketika semuanya akan baik maka saya akan berjuang untuk meraih kemenangan,” terang Zarco.

Zarco memilih ban depan medium, seperti yang dilakukan sebagian besar pembalap unggulan, dan bersikeras memakai ban normal tidak menjamin situasinya lebih baik.

“Saya pikir ban medium di depan adalah pilihan yang tepat. Dan biasanya saya tidak pernah mengeluhkan persediaan terutama untuk ban. Tapi dalam balapan, bukan hanya perasaan saja, karena terlalu mudah untuk mengatakannya bila Anda memiliki masalah masalah teknis. Situasinya tidak bisa dijamin,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru