oleh

Seng “Kanopi” MPU Aceh Tamiang Roboh

-Aceh-24 views

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Seng kanopi sepanjang 50 meter berkonstruksi rangka baja di areal perkantoran Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tamiang Roboh. Kanopi yang diperkirakan telah roboh selama tiga hari itu belum terlihat diperbaiki. Saat jatuh, tidak ada saksi mata yang mengetahui dan melihatnya.

“Tumbangnya saat hari libur antara Sabtu dan Minggu, karena enggak ada yang tau saat kejadian,” ujar dua orang pegawai honor di MPU setempat ketika ditanyai Penanegeri.com, Selasa (21/11).

Tidak ada korban saat seng panjang itu roboh kebawah, lanjut mereka, namun atap parkir sepeda motor milik MPU rusak akibat tertimpa material seng yang terbuat dari rangka baja. Selain itu pegawai MPU khawatir dengan kabel PLN yang menjulur kebawah bersama kanopi.

“Kami takut kabel listrik ini ada yang terkelupas dan nyetrum pulak,” ucapnya.

Amatan Penanegeri.com dilokasi, seng kanopi tersebut jatuh dan tertahan diatas bangunan parkir sepeda motor sisi sebelah kiri yang terletak tepat di depan Kantor MPU yang juga merupakan Gedung Islamic Center Aceh Tamiang.

Baca Juga  Biksu Myanmar Ancam Aceh, Gadjah Puteh Serukan Jihad

Lokasi jatuhnya seng kanopi sangat berdekatan dengan sejumlah kantor dinas lainnya seperti, Dinas Syariat Islam (DSI) disisi kanan, Baitul Mal dan Dinas Pendidikan Dayah dibagian depan.

Informasi lain menyebutkan, kanopi sepanjang 50 meter tersebut tumbang akibat ditiup angin saat hujan deras, sehingga membuat paku beton yang menempel di rangka baja lepas dari dinding beton. Padahal kanopi tersebut baru selesai dikerjakan oleh rekanan pada tahun 2015 lalu, namun kondisi bangunannya tidak kokoh.

Kanopi Roboh
Foto : Azmi/Penanegeri
Seng “kanopi” roboh di depan kantor MPU Aceh Tamiang

“Seharusnya-kan di bor pakai baut, bukan paku beton, sehingga tidak ada kekuatannya,” kata Sekretaris Baitul Mal, Sudyanto yang ditemui awak media di Kantornya, Selasa (21/11).

Sudiyanto mengatakan, tidak tahu siapa pihak yang harus bertanggungjawab, namun tumbangnya seng kanopi tentunya menjadi perhatian rekanan yang mengerjakan agar segera diperbaiki.

“Saya tidak kenal kontraktornya, karena saat saya masuk kemari sudah ada dibangun. Tapi meskipun masa perawatannya sudah habis tetap harus diperbaiki. Untung saja tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Informasi beredar, meski proyek kanopi dibangun pada tahun 2015 tapi masih dalam masa perawatan oleh kontraktor. Disebut-sebut, proyek kanopi itu juga belum dilakukan serah terima hingga saat ini.

Baca Juga  Kemenhan RI Gelar Seminar Penanganan Konflik Sosial di Provinsi Aceh
Kanopi Roboh
Foto : Azmi/Penanegeri
Seng “kanopi” roboh yang tertahan di atap parkir sepeda motor kantor MPU Aceh Tamiang

Salah satu Kabid pada Dinas Syariat Islam Aceh Tamiang mengatakan, kanopi yang tumbang di depan MPU dibangun pada 2015, sedangkan kanopi di depan DSI dibangun pada 2012.

“Aneh juga baru dibangun kok duluan tumbang. Informasinya ditiup angin tapi seharusnya kanopi harus tahan terpaan angin,” bebernya seraya menambahkan, walau sudah berhari-hari kanopi jatuh tapi belum ada respon dari rekanan.

Kepala DSI Aceh Tamiang, Syaiful Anwar, juga sempat mengomentari ambruknya kanopi tersebut. Saat masuk kantor, Senin (20/11) dia melihat seng panjang itu telah jatuh. Menurutnya, pembangunan kanopi di gedung Islamic Center dilakukan dua tahap.

“Kanopi ini setahu saya dibangun ditahun berbeda. Tapi kontraktornya sama atau lain saya tidak tahu. Kita minta agar bisa diperbaikilah, karena dikhawatirkan akan merembet tumbang sampai depan kalau dibiarkan,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru