oleh

Soal Perpanjangan Kontrak, Ini Alasan The Doctor

-MotoGP-10 views

PENANEGERI, Moto GP – Valentino Rossi mengungkapkan alasan memilih untuk tetap di Moto GP selama dua tahun lagi adalah keinginannya untuk menghindari apa yang dilakukan Michael Schumacher.

Yamaha mengumumkan pada akhir pekan lalu bahwa Rossi yang kini berusia 39 tahun akan tetap bersama tim pabrikan saat ini untuk dua musim lagi, yang berarti dia akan terus berlomba hingga akhir tahun 2020.

Juara dunia tujuh kali tersebut mengakui bahwa lamanya kontrak berarti dia berisiko sulit bersaing di level tertinggi, tetapi dia juga ingin menghindari pensiun terlalu cepat dan kemudian kehilangan kesempatan balapan.

Dia mencontohkan sosok Schumacher, yang mengundurkan diri dari Formula 1 pada akhir tahun 2006 dan kemudian kembali pada 2010, serta Max Biaggi dan Troy Bayliss yang menjadi legenda World Superbike.

“Saya melihat banyak pembalap hebat dan juga yang berhenti di tingkat tertinggi karir mereka, seperti Schumacher, juga Biaggi atau Troy Bayliss,” ungkap Rossi, seperti dilansir Autosport, Rabu (21/3).

Baca Juga  Iannone Tegaskan Hengkang dari Suzuki Akhir 2018

“Schumacher dan Bayliss kembali ke lintasan (setelah pensiun). Jadi saya memutuskan untuk berpacu sampai akhir. Saya tidak ingin berpikir di masa depan, dan ‘mungkin saya bisa melakukan ini dua musim lagi’. Jelas itu juga bisa menjadi risiko yang membuat saya kurang kompetitif. Tetapi jika saya mengikuti (logika) ini, saya akan berhenti sejak enam atau delapan tahun yang lalu,” tambahnya.

Ketika ditanya apakah dia sempat mempertimbangkan perpanjangan kontrak satu tahun, pembalap berjuluk The Doctor itu menjawab, “Ya, kami juga berbicara satu persatu dengan Yamaha.”

“Tapi Anda selalu memikirkan dua tahun kedepan, juga untuk keseimbangan dengan kontrak pembalap lainnya. Jika Anda menyetujuinya maka Anda harus bisa melakukan selama dua tahun, dan tetap sejajar dengan pembalap top lainnya,” terangnya.

Pembalap lain bisa bertahan hingga usia 40-an

Kontrak baru Rossi akan membuatnya berlomba di Moto GP sampai usia 41 tahun, namun pria Italia tersebut yakin pembalap lain bisa mengikuti jejaknya jika mereka cukup sehat dan termotivasi.

Baca Juga  Yamaha Ingin Perpanjang Kontrak "The Doctor"

“Saya pikir saya mungkin salah satu yang mencoba (untuk balapan hingga usia 40-an). Menurut saya, semua pembalap lain yang berada di sini juga mampu mempertahankan level teratas sampai mereka berusia 40 tahun,” ujar pembalap asal Italia itu.

“Secara fisik, jika Anda kuat, Anda bisa (melanjutkan balapan). Itu tergantung pada motivasi Anda, pada hidup Anda. Jika Anda ingin melanjutkan, saya pikir semua orang bisa melakukannya,” tandasnya

Komentar

Berita Terbaru