oleh

Speed Boat yang Ditangkap Posal Seruway Bawa Sabu 67 Kg

PENANEGERI, Aceh Tamiang –  Speed boat terbuat dari kayu lapis viber glass warna hijau list merah putih dengan mesin 200 PK Merk Yamaha, yang ditangkap Pos Angkatan Laut (Posal) Seruway, pada Kamis (13/9), di Alur Kuala Peunaga Lama, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang ternyata membawa narkoba jenis sabu seberat 67,4286 kilogram.

“Hasil dari penimbangan barang bukti yang disaksikan oleh BNN Provinsi Sumatera Utara, diketahui jumlah total barang bukti narkoba jenis Sabu seberat 67,4286 kilogram,” sebut Komandan Lanal (Dan Lanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal, melalui siaran persnya yang disampaikan kepada Penanegeri.com, Jumat (14/9) malam.

Ia menjelaskan, sabu yang berasal dari Malaysia tersebut akan dibawa ke Aceh Tamiang. Namun, berkat informasi dari intelijen serta nelayan, maka personel Posal Seruway yang merupakan jajaran Lanal Lhokseumawe berhasil menggagalkan penyelundupan barang haram tersebut.

“Dua orang awak speed boat tersebut berhasil melompat ke darat lalu melarikan diri ke hutan dan saat ini sedang dalam pengejaran tim intelijen,” jelasnya.

Baca Juga  Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Tamiang, Kemenpar RI Adakan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan

Ia menambahkan, penangkapan speed boat itu berawal dari informasi Intelijen bahwa akan masuk sebuah speed boat dari Penang Malaysia ke Seruway yang diduga membawa narkoba jenis sabu. Informasi itu juga dikuatkan dari nelayan Seruway yang telah melihat adanya sebuah speed boat yang mencurigakan menuju Kuala Peunaga.

Kemudian, Pada Kamis (13/9) sekitar pukul 06.15 WIB, dua personel Posal Seruway dengan menggunakan perahu melaksanakan pengintaian dan akhirnya pada pukul  06.45 WIB, tim patroli Posal Seruway menemukan speed boat yang dicurigai di daerah alur Kuala Peunaga Lama pada koordinat 04° 43’ 99’’ LU – 098° 24’ 83’’ BT.

Selanjutnya diadakan penghentian pemeriksaan dan penangkapan. Namun, pada saat dihentikan speed boat tersebut berusaha melarikan diri dan oelh tim patroli diberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali, sehingga speed boat itu berhenti ditepi alur dan 2  orang pengawak speed boat tersebut melompat ke darat lalu melarikan diri ke hutan dan saat ini sedang dalam pengejaran tim intelijen.

Baca Juga  Omzet Pedagang Peci di Aceh Tamiang Menurun

Setelah itu, sambung Dan Lanal, speed boat beserta barang bukti yang berada di dalamnya ditarik dan diamankan ke Posal Seruway guna proses lebih lanjut.

“Saat ini barang bukti berupa satu unit speed boat, 2 buah tas besar (koper), 3 buah tas punggung dan 1 buah tas pinggang berisi narkoba jenis sabu sebanyak 65 bungkus yang berhasil ditangkap, telah diamankan dan dijaga ketat di Kantor Pomal Lantamal I,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru