oleh

Stok Darah di UTD Rumah Sakit Umum Bireuen Kosong

PENANEGERI, Bireuen – Sejak sepekan terakhir ini, stok darah untuk kebutuhan pasien di Unit Tranfusi Darah (UTD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen kembali kosong.

Pasca kosongnya persediaan darah, petugas UTD kalang kabut mencari pendonor untuk mendapatkan darah guna membantu pasien yang membutuhkan di rumah sakit pelat merah itu.

Kepala UTD RSUD Bireuen, Wardati SKM kepada wartawan, Sabtu (27/10) mengatakan, sejauh ini persediaan darah golongan A dan O kosong, sementara untuk darah golongan AB dan B masih tersedia, namun hanya beberapa kantong lagi.

“Tapi kalau untuk stok persediaan darah gologan A dan golongan darah O sudah kososng di tempat penyimpanan UDT,” terangnya.

Selama ini, kata Wardati, kebutuhan darah setiap hari guna membantu pasien yang membutuhkan darah minimal 400 kantong lebih setiap bulannya.

Guna menanggulangi kekosongan stok darah, pihaknya terus melakukan antisipasi agar persediaan darah di UTD Bireuen kembali tersedia melalui kegiatan donor darah oleh lembaga-lembaga sosial di Bireuen.

“Kita sangat berharap lembaga sosial turut berpartisipasi melakukan donor darah, dengan bekerjasama dengan UTD atau PMI Bireuen,” harapnya.

Belakangan, ada informasi akan dilaksanakan donor darah di Kantor Bupati Bireuen secara massal, tetapi hingga kemarin belum ada kepastian kapan akan dilaksanakan donor darah tersebut.

“Untuk sementara waktu baik di puskesmas dan kantor camat sedang dilakukan dikoordinasi untuk kegiatan donor darah, sehingga stok darah di UTD rumah sakit umum Bireuen segera teratasi,” tandas Wardati.

Komentar

Berita Terbaru