oleh

Stok Kebutuhan Makanan Pengungsi Rohingya di Bireuen Menipis

PENANEGERI, Bireuen – Sejauh ini stok kebutuhan makanan dan lauk pauk bagi pengungsi Rohingya, di Kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Kota Juang, Bireuen terus menipis, bahkan sebagian persediaan kosong.

Menurut informasi dari Satuan Tugas (Satgas) yang berada di Posko penampungan muslim Rohingya kepada Penanegeri.com, Selasa (18/9) mengaku, akibat terbatasnya stok bahan makanan, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari donatur.

Menurut mereka, saat ini kebutuhan yang sudah menipis di posko pengungsi itu, antara lain ikan segar, sayuran, air mineral dan gas elpiji serta kebutuhan lainnya.

Selama sepekan terakhir ini, dana untuk kebutuhan pengungsi itu ditanggulangi dari International Organization For Migration (IOM), namun belakangan tidak dikirim lagi, sementara dana dari APBK Bireuen belum juga jelas.

Tak hanya persoalaan menipisnya  kebutuhan makanan pengungsi, persoalan lainnya kembali muncul, pasca dimanfaatkannya kompleks gedung SKB itu untuk perkantoran Dinas Pendidikan dan Olahraga Bireuen.

“Saat ini pengungsi terpaksa harus tidur di tenda darurat, ditengah ruang terbuka dekat pos pelayanan relawan,” ujar seorang relawan yang bertugas di SKB Itu.

Baca Juga  Tahun ini, Bireuen Dapat Kuota 336 Formasi CPNS

Menanggapi hal ini, Kadis Sosial  Bireuen, Drs Murdani yang dikonfirmasi terpisah Penanegeri. com, Selasa (18/9) malam, membenarkan kondisi itu.

Menurutnya, dana dari dinas sudah tidak tertanggulangi lagi, karena masa tanggap darurat telah lama berakhir.

“Untuk sementara ini kami tidak tahu harus menganggarkan dana dari sumber mana. Jadi untuk penanggulangan sementara ini, maka butuh uluran dari dermawan,” harapnya.

Disisi lain, Murdani berharap para pengungsi Rohingya dapat segera direlokasi ke lokasi lain, seperti kesepakatan awal, di Langsa.

Bahkan, kata Kadis Sosial Bireuen itu surat bupati kepada gubernur juga sudah kita layangkan berturut-turut, sebaliknya surat gubernur kepada Pemkot Langsa belum juga adanya titik terang.

“Dalam hal ini kita sangat mengharapkan peran Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk mempercepat  mrrelokasi para pengungsi muslim Rohingya ke Langsa,” sebut Murdani.

Komentar

Berita Terbaru