oleh

Tak Dipindahkan ke Langsa, Pemkab Bireuen Kembalikan Pengungsi Rohingya ke Banda Aceh

PENANEGERI, Bireuen – Bila Pemerintah Aceh tak merelokasi pengungsi warga Rohingya ke Langsa, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen akan mengantar ke Banda Aceh akhir Oktober nanti.

Belakangan, Pemkab Bireuen mengaku merasa kewalahan menangani 79 jiwa pengungsi eknis Rohingya yang saat ini ditampung dalam Kompleks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen.

“Pengungsi Rohingya ini sudah ditampung di Bireuen sejak April lalu. Belakangan kita sudah kewalahan menangani pengungsi ini, sebab kebutuhan makan mereka setiap hari membutuhkan biaya sekitar Rp 3.500.000, ditambah keperluan lainnya,” kata Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi kepada Penanegeri.com, Jumat (19/10).

Guna menanggulangi persoalan ini, tambah Muzzakar A. Gani, Pemkab Bireuen telah menyurati tiga kali Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah dan meminta para pengunsi Rohingya segera direlokasi ke Langsa seperti hasil rapat terpadu di SKB Bireuen beberapa bulan lalu.

Kata Wabub Bireuen itu, pihaknya juga sudah menggelar rapat dengan sejumlah dinas teknis terkait rencana pengungsi tersebut agar diantar ke Banda Aceh, agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga  Museum Tsunami Aceh, Tempat Belajar dan Rekreasi yang Asyik

“Mau tidak mau maka hal ini kita serahkan ke Gubernur Aceh guna penanganan selanjutnya, Bireuen sendiri sudah kewalahan dengan anggaran perubahan yang sangat terbatas hingga 31 Oktober ini,” terangnya.

Disamping persoalaan dana, kata Muzzakar A. Gani, pengungsi Rohingnya sejak sebulan lalu, tidak bisa lagi menempati gedung SKB, dan harus tidur di areal parkir kendaraan di dalam kompleks SKB, karena kompleks SKB kini ditempati pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

“Tapi sebelum pengungsi ini kita antar ke Banda Aceh, kita kembali menyurati  Plt Gubernur Aceh, agar penanganan bagi mereka. Mudah-mudahan nanti ada tindaklanjut dari Plt Gubernur terhadap penanganan yang lebih layak,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru