oleh

Tari Saman Budaya Menyatukan Jasmani dan Rohani

PENANEGERI, Gayo Lues – Tari Saman merupakan budaya yang menyatukan jasmani dan rohani, terbungkus dalam sebutan Serinen (Saudara), sehingga, tali persaudaraan dan kekeluargaan melekat hingga akhir hayat memisahkan.

Hal itu disampaikan Bupati Gayo Lues, H. Amru, dalam sambutannya, saat membuka Saman Roa Lo Roa Ingi (saman dua hari dua malam) yang berlangsung di halaman Masjid Nurul Yaqin Kampung Tampeng Kecamatan Kutapanjang, Selasa (23/10) pukul 21.30 WIB.

Seperti diketahui, lanjut Amru, sejak UNESCO menetapkan Tari Saman sebagai warisan dunia tak benda, tari asli Gayo Lues yang tersohor sebagai alat pemersatu antara beberapa Kabupaten bertetangga seperti, Bener Meriah, Aceh Tengah Gayo Lues dan Aceh Tenggara ini, sekarang telah mendunia. Namun, yang menjadi pertanyaan, apa yang tersirat dalam tarian itu.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui apa yang terkandung dalam setiap gerakan dan ucapan dalam Tari Saman, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menjadi sponsor Festival Tari Saman Roa Lo Roa Ingi, melalui program Indonesiana.

Baca Juga  Dukung Program TMMD ke-99, BNN Kabupaten Gayo Lues Gelar Sosialisasi Narkoba di Lingkungan Sekolah

“Ada 11 Kampung dari 11 Kecamatan yang mengikuti program Indonesiana, salah satunya Kampung Tampeng yang menjadi perwakilan Kecamatan Kutapanjang,” papar Amru seraya menambahkan, kegiatan ini merupakan yang keempat.

Sementara itu, Pengulu Kampung Tampeng, Abdul Rahman, menjelaskan, acara Bejamu Besaman Roa Lo Roa Ingi sudah lama tidak dilaksanakan masyarakatnya. Akan tetapi, malam ini kesenian asli Gayo Lues ini kembali dilaksanakan dan bertepatan pula dengan program Indonesiana dari Kemendikbud RI, yang Kampung Tampeng ditunjuk menjadi perwakilan Kecamatan Kutapanjang.

“Selamat datang kepada tamu kami yang datang dari Desa Liket Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara,” ucapnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Dandim, Waka Polres, Sekda, para Kepala SKPK, Camat se Gayo Lues, Danramil dan Kapolsek Kutapanjang, Pengulu se Kecamatan Kutapanjang serta Pengulu dan perangkat Desa Liket Aceh Tenggara.

Komentar

Berita Terbaru