oleh

Tarian Nusantara Awali Festival Kebudayaan Umuslim Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Tarian nusantara awali pembukaan Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) ke-3, di halaman gedung MA Jangka, Umuslim Bireuen, Rabu (7/11).

Acara tersebut dibuka Plt Gubernur Nova Iriansyah yang diwakili Staf Ahli Gubernur Aceh, Dr Iskandar.

Ketua Panitia, Muhammad Daud dalam laporanya mengatakan, selama agenda FKU 2018 memperlombakan menulis opini, membaca puisi, fotografi, dodaidi (peuratep aneuk), fashion show TK, duta mahasiswa, dan vokal solo.

“Ajang ini juga digelarnya stand kreativitas dari seluruh fakultas ditambah Umuslim, panggung bersama, permainan tradisional seperti congklak, cakceng, bola sarung, dan tarik tambang,” katanya.

Di samping kegiatan itu, FKU 2018 juga dilakukan donor darah, stand pameran kreatifitas mahasiswa dari Universitas Pakuan Bogor, Universitas Gajah Putih Takengon, Akbid Munawarah Bireuen, serta beberapa perguruan tinggi lain di Bireuen dan Lhokseumawe.

Sementara itu Rektor Umuslim, H Amiruddin Idris menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa, dan jajaran organisasi atas kreativitas melaksanakan FKU.

“Ajang ini bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa, disamping membagi ilmu, kegiatan ini  juga dapat dijadikan persaudaraan sesama dari berbagai jenjang,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Dr Iskandar dalam pidatonya menyebutkan, pada zaman dulu seni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh.

“Seni kala itu tidak hanya berkembang di masa damai, tapi pada masa perang, seni budaya Aceh tetap eksis di tengah-tengah masyarakat,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru