oleh

Terjadi Salah Kirim Alarm Bahaya Misil saat Pergantian Shift Karyawan di Hawaii

PENANEGERI, Internasional – Warga negara bagian Hawaii, AS sempat dikejutkan oleh adanya pesan peringatan (alarm) yang dikirim secara keliru pada hari Sabtu (13/1) ke para warga Hawaii yang bunyinya memperingatkan akan adanya serangan rudal (misil) balistik yang akan segera terjadi.

Pesan peringatan ini ternyata tidak benar alias false alarm, kesalahan pengiriman pesan darurat ini terjadi akibat seorang karyawan di badan manajemen darurat negara menekan tombol yang salah.

Pejabat negara dan Komando Pasifik militer AS mengkonfirmasi bahwa tidak ada ancaman nyata bagi negara.

Pesan peringatan yang salah, yang memicu kepanikan diantara banyak warga Hawaii yang bergegas mencari tempat berlindung, alarm yang salah (false alarm) dalam bahasa Inggrisnya itu berbunyi:

“EMERGENCY ALERT BALLISTIC MISSILE THREAT INBOUND TO HAWAII. SEEK IMMEDIATE SHELTER. THIS IS NOT A DRILL.”

Atau terjemahannya :

“PERINGATAN DARURAT ANCAMAN BALLISTIC MISSILE (MISIL BALISTIK) MEMASUKI BATAS HAWAII. CARI PERLINDUNGAN SEGERA. INI BUKANLAH LATIHAN.”

Gubernur Hawaii David Ige, langsung meminta maaf atas kesalahan tersebut, mengatakan dalam pesannya di televisi bahwa peringatan tersebut dikirim saat terjadi pergantian shift karyawan di Hawaii Emergency Management Agency.

“Itu adalah prosedur yang terjadi pada pergantian shift di mana mereka pergi untuk memastikan bahwa sistem, itu bekerja. Dan seorang karyawan menekan tombol yang salah,” kata Gubernur Hawaii, seperti dikutip kantor berita Reuters, menambahkan bahwa pergantian shift tersebut terjadi tiga kali sehari sepanjang tahun.

Peringatan salah itu, dikirim ke telepon genggam dan disiarkan di televisi dan radio, dan dikeluarkan di tengah ketegangan internasional yang tinggi mengenai pengembangan senjata nuklir Balistik Korea Utara.

Namun ternyata peringatan itu adalah pesan yang salah (false alarm), dan terjadi karena ‘human error’  akibat karyawan menekan tombol yang salah. (*)

Komentar

Berita Terbaru