oleh

Terkait OTT Irwandi Yusuf, KPK Cekal 4 Orang Ini ke Luar Negeri

PENANEGERI, Jakarta – Terkait penetapan tersangka Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dalam dugaan penerimaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018. KPK mengeluarkan daftar cekal ke luar negeri terhadap 4 orang yang diduga berkaitan dengan kasus tersebut.

Keempat saksi itu masing-masing, teman dekat Irwandi Yusuf yang juga tenaga ahli Aceh Marathon, Fenny Steffy Burase, Kadis PUPR Pemprov Aceh, Rizal Aswandi, Kepala ULP Pemprov Aceh, Nizarli dan Teuku Fadhilatul Amri.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Sabtu (7/7) mengatakan, mengacu pada pasal 12 UU KPK, pihaknya telah melakukan pencegahan terhadap 4 orang.

“Dilakukan pencegahan ke luar negeri terhadap 4 orang selama 6 bulan, terhitung mulai 6 juli 2018, yaitu Nizarli, Rizal Aswandi, Fenny Steffy Burase, dan Teuku Fadhilatul Amri,” bebernya.

Menurutnya, keempat orang tersebut dicegah agar tidak pergi ke luar negeri untuk mempermudah jika keterangannya dibutuhkan, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan oleh penyidik KPK.

Selain mengeluarkan daftar cekal, Febri juga membenarkan pihaknya telah melakukan penggeledahan di kediaman para tersangka serta Pendopo Gubernur Aceh.

Baca Juga  Bupati Lampung Selatan dan Enam Orang Lainnya Terkena OTT KPK

“Untuk hasil hari ini, nanti akan diupdate kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, Jumat (6/7) kemarin, KPK juga telah mengamankan barang bukti baru yang terdiri dari beberapa dokumen dan dokumen elektronik yang berkaitan dengan DOKA tahun 2018, sehingga memperkuat dugaan korupsi tersebut.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat setempat yang turut membantu kelancaran penyidikan yang dilakukan oleh KPK.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan empat tersangka kasus dugaan suap pengalokasian dan penyaluran DOKA tahun 2018. Keempat tersangka itu masing-masing Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi, Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri.

Komentar

Berita Terbaru