oleh

Terkait Puisi Sukmawati, Ini Pernyataan Sikap DPW Partai NasDem Aceh

PENANEGERI, Aceh – Kecaman dari berbagai pihak terus mengalir terhadap Sukmawati Soekarnoputri setelah ia membacakan Puisi ‘Ibu Indonesia’ dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 akhir pekan lalu.

Kali ini, kecaman berupa pernyataan sikap datang dari DPW Partai NasDem Provinsi Aceh yang dipimpin H Zaini Djalil, SH dan T Banta Syahrizal selaku Ketua dan Sekretaris partai.

“Terlepas apapun alasan dan rasionalisasinya, puisi Sukmawati Soekarno Putri sudah menimbulkan kemarahan ummat Islam di Indonesia bahkan mungkin Dunia. Puisi adalah seni jika mengandung nilai keindahan bait dan kesejukan makna yang mengarah pada pembelajaran bagi seluruh ummat. Tapi jika isinya malah membuat kemarahan ummat, puisi ini menjadi jauh dari tujuan seni, karena bukan keindahan dan kesejukan yang lahir, justru yang terjadi keangkaramurkaan massa,” demikian pernyataan sikap DPW Partai NasDem Provinsi Aceh yang diterima Penanegeri.com, Rabu (4/4).

Untuk itu, sambung pernyataan tersebut, NasDem Aceh menyatakan sikap, Mengutuk isi puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan oleh Sukmawati soekarno putri. Meminta pihak kepolisian untuk menindak Sukmawati Soekarno Putri karena puisinya telah membuat kegaduhan dan kemarahan ummat Islam yang akan berimbas pada ketidak rukunan ummat beragama.

Baca Juga  Telat Hadir, Tiga Anggota DPRK Aceh Tamiang Dilarang Masuk

Meminta pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengkaji materi dan substansi, maksud dan akibat dari puisi Sukmawati tersebut, lalu mengeluarkan fatwa.

Meminta DPP Partai NasDem untuk bersikap terhadap Pernyataan Pribadi Jhonny G Plate yang menyatakan Puisi ‘Ibu Indonesia’ oleh Sukmawati. Dari sudut manapun menilainya, sangatlah tidak Pantas, dimana mayoritas kader NasDem adalah ummat Islam, dan di Aceh 100 persen kader NasDem adalah Islam, serta juga sangat tersinggung dengan puisi Sukmawati.

Menghimbau kepada seluruh kader Partai NasDem Aceh dan ummat Islam untuk tetap bisa menahan diri dan menyerahkan kasus ini diselesaikan secara bermartabat. Jangan sampai kita semua terprovokasi dan diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak ingin bangsa ini damai.

“Harapan semoga persoalan ini cepat terselesaikan dan kondisi sosial politik di Indonesia cepat lebih stabil untuk percepatan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia,” tutup pernyataan sikap DPW Partai NasDem Aceh.

Berikut Pernyataan DPW Partai NasDem Aceh

NasDem Aceh mengutuk Puisi Sukmawati

Terlepas apapun alasan dan rasionalisasinya, puisi Sukmawati Soekarno Putri sudah menimbulkan kemarahan Ummat Islam di Indonesia bahkan mungkin Dunia. Puisi adalah Seni jika mengandung nilai keindahan bait dan kesejukan makna yg mengarah pada pembelajaran bagi seluruh ummat. Tapi jika isinya malah membuat kemarahan ummat, puisi ini menjadi jauh dari tujuan seni, karena bukan keindahan dan kesejukan yang lahir, justru yang terjadi keangkaramurkaan massa. Untuk itu, NasDem Aceh menyatakan sikap;

1. Mengutuk isi puisi “Ibu Indonesia” yang dibacakan oleh Sukmawati soekarno putri;

2. Meminta pihak kepolisian untuk menindak Sukmawati soekarno putri karna puisinya telah membuat kegaduhan dan kemarahan ummat islam yang akan berimbas pada ketidak rukunan ummat beragama;

3. Meminta pihak Majelis Ulama Indonesia untuk mengkaji materi & substansi, maksud dan akibat dari puisi Sukmawati tersebut, lalu mengeluarkan fatwa.

4. Meminta DPP Partai NasDem untuk bersikap terhadap Pernyataan Pribadi Jhonny G Plate yang menyatakan Puisi “Ibu Indonesia” oleh sukmawati. Dari sudut manapun menilainya, sangatlah tidak Pantas, dimana mayoritas kader nasdem adalah ummat islam, dan di Aceh 100% kader NasDem adalah Islam, serta juga sangat tersinggung dengan puisi Sukmawati;

5. Menghimbau kepada seluruh kader Partai NasDem Aceh dan ummat Islam untuk tetap bisa menahan diri dan menyerahkan kasus ini diselesaikan secara bermartabat. Jangan sampai kita semua terprovokasi dan diadu domba oleh pihak2 yg tidak ingin bangsa ini damai.

Demikian pernyataan sikap ini, harapan semoga persoalan ini cepat terselesaikan dan kondisi sosial politik di Indonesia cepat lebih stabil untuk percepatan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Dewan Pimpinan Wilayah
Partai NasDem Aceh

H. Zaini Djalil, SH – Ketua

T. Banta Syahrizal – Sekretaris

Komentar

Berita Terbaru