oleh

Tim Satgas Kesehatan TNI Gelombang III Berikan Pelayanan Kesehatan di Asmat, Papua

PENANEGERI, Kesehatan – Dalam rangka membantu Pelayanan dan Pendampingan Kesehatan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Asmat, rombongan Tim Satgas bantuan Kesehatan Gelombang III dari Mabes TNI dan Tim BEM UI (Universitas Indonesia) yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Letkol Laut (K) dr. Amirudin Harahap, Sp.A. bersama tim UI Peduli Asmat, melakukan layanan kesehatan di subdistrik Pepera, distrik Kolf Braza, Kabupaten Asmat, Propinsi Papua mulai dari hari Senin tanggal 19 Februari 2018 hingga Rabu, 21 Februari 2018.

Dokumentasi tim kesehatan TNI berikan layanan Medis di Asmat

Layanan kesehatan berhasil melayani 143 orang pasien, diantaranya 1 orang pasien gizi buruk, 2 orang pasien belum divaksin, 1 orang pasien malaria, dan 1 orang pasien gagal ginjal yang dievakuasi ke RSUD Agats.

Layanan tersebut dilakukan dalam rangka pendampingan pelayanan kesehatan pasca KLB (Kejadian Luar Biasa) Campak dan gizi buruk di kabupaten Asmat, Papua.

Selain melakukan layanan kesehatan, tim juga melaksanakan pendataan kondisi sosial dan infrastruktur, guna pembangunan Kabupaten Asmat.

Distrik Kolf Braza merupakan distrik dengan jarak terjauh dari ibukota kabupaten Asmat, Agats.

Baca Juga  Perjuangan Tim Kesehatan TNI Atasi Gizi Buruk di Asmat

Distrik Kolf Braza dicapai dengan menggunakan speed boat (kapal cepat) selama 7 jam perjalanan.

Masyarakat Asmat yang menerima pelayanan medis dari Tim kesehatan TNI

Distrik tersebut menjadi tujuan layanan medis ini karena dianggap sulit dijangkau sehingga layanan medis diharapkan layanan dapat memberikan dampak yang lebih besar.

Dalam rangka membantu Pelayanan dan Pendampingan Kesehatan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Asmat, rombongan Tim Satgas bantuan Kesehatan Gelombang III dari Mabes TNI dan Tim BEM UI (Universitas Indonesia) yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Letkol Laut (K) dr. Amirudin Harahap, Sp.A. tiba dengan menggunakan KRI Hasan Basri-382 yang di nahkodai oleh Mayor Laut (P) Arief K.H. di Dermaga pelabuhan baru Yos Sudarso Distrik Agats Kabupaten Asmat, Papua, pada hari Sabtu lalu (17/02/18) pukul 07.10 WIT.

Setelah itu dilaksanakan penyerahan batuan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) ke Keuskupan oleh Dantim Kesehatan gelombang III Letkol (K) dr. Amirudin Harahap, Sp.A. kepada Kadinsos Amir dan penyerahan bantuan dari Kemendikbud ke Dinas Sosial dan diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Asmat.

Baca Juga  Perjuangan Satgas Kesehatan TNI untuk Kepentingan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Asmat

Sejak tanggal 16 Januari 2018 hingga kini, Satgas Kesehatan TNI telah mengirimkan personil untuk bertugas ke Asmat antara lain: Tim I: 50 orang, Tim II: 55 orang, Tim III: 19 orang, Total 124 personel TNI dari 3 Matra TNI (AD, AL, AU) di luar unsur sipil atau relawan lainnya, demikian jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi melalui siaran persnya. (*)

Komentar

Berita Terbaru