oleh

Upskirting Tertangkap CCTV di Supermarket di Perth

PENANEGERI, Techno – Polisi Perth Australia sedang mencari seorang pria yang diduga melakukan tindakan upskirting dengan mengambil foto di bawah rok wanita saat sedang berada di sebuah supermarket di selatan Perth.

Seperti diberitakan situs watoday, pria tersebut memasuki sebuah supermarket di Albany Highway di Cannington pada hari Senin (30/10) dan diduga membuat karyawan supermarket merasa tidak nyaman.

Lelaki itu tertangkap di CCTV yang diduga mengambil foto di bawah rok wanita saat dia mendekatinya.

Supermarket telah mengunggah hal ini di halaman Facebook-nya untuk mendorong siapa saja yang mengenal pria tersebut untuk menghubungi polisi.

“Kami belum pernah memposting hal seperti ini sebelumnya. Kami selalu mencoba dan menjaga hal positif terjadi di halaman ini setiap saat, bahkan ketika kami menemukan pencuri, pelecehan dan pemarah pelanggan di toko !,” tulis postingan tersebut.

“Di bawah ini adalah pelanggan yang datang hari ini di Cannington, melecehkan staf kami yang berada di sana sendirian dengan komentar yang eksplisit dan tidak pantas. “Lebih mengganggu lagi, dia mengambil foto darinya.”

Polisi Perth memastikan mereka menerima laporan dari toko sekitar pukul 13.30 waktu setempat dan sedang menyelidiki seorang pria yang bertindak curiga di dalam toko dan membuat anggota staf merasa tidak nyaman.

Seseorang yang tertangkap melakukan ‘upskirting’ dapat dikenai tuduhan melakukan tindakan tidak senonoh.

Apa itu Upskirting ?

Di Indonesia lazimnya upskirting jarang muncul sebagai berita. Bahkan banyak masyarakat juga belum begitu familiar dengan isitilah ‘upskirting’ yang merupakan tindak pelanggaran hukum.

Namun sebenarnya telah kerap kali wanita terutama di tempat-tempat umum yang sadar-atau tidak sadar telah menjadi korban tindakan cabul tersebut.

Pria cabul yang mungkin ‘ada penyakit psikologis dalam hatinya’ kerap menggunakan gadget canggih seperti kamera teresembunyi di sepatu, atau handphone kamera untuk melakukan tindak cabul itu.

Definisi Upskirting adalah praktik diam-diam memotret di bawah gaun wanita atau rok. Praktik ini sering terjadi oleh para pencabul yang juga disebut ‘voyeur’ yang membawa kamera video kecil atau ponsel dengan kemampuan foto, untuk memotret skirt atau rok wanita di eskalator, di tempat umum, kereta api, taman luar ruangan, dan pusat perbelanjaan.

Karena upskirting terjadi di tempat umum, ada debat hukum mengenai apakah korban berhak mendapatkan perlindungan privasi yang masuk akal.

Beberapa negara bagian di Amerika, juga di negara-negara maju lainnya telah mengeluarkan undang-undang sehingga ilegal untuk memfilmkan atau memotret di bawah pakaian seseorang di tempat umum.

Beberapa undang-undang negara bagian, yang bervariasi menurut negara, telah melarang voyeurisme video, yang didefinisikan mencakup upskirting.

Upskirting biasanya menimpa wanita yang memakai rok pendek, rok midi, terutama sekali kerap menimpa wanita yang memakai rok mini di tempat-tempat umum. Maka tindakan upskirting ini biasanya akan menyasar para wanita yang memakai rok pendek di tempat-tempat umum. (*)

Komentar

Berita Terbaru