oleh

Viral, Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli Bertengkar dan Nyaris Berkelahi

PENANEGERI, Tolitoli – Serempak beredar secara viral di media sosial adanya video yang menayangkan kejadian Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah, tengah terlibat pertengkaran bahkan nyaris baku hantam di depan hadirin saat acara pelantikan pejabat di lingkungan Kabupaten Tolitoli, Propinsi Sulawesi Tengah.

Peristiwa ini terjadi hari Rabu 31 Januari 2018, saat Bupati Tolitoli Saleh Bantilan melantik pejabat struktural dan fungsional pengawas dan kepala sekolah di Gedung Wanita Tolitoli.

Merekapun nyaris adu jotos, hingga keduanya dilerai oleh ratusan orang yang berkerumun.

Tiba-tiba Wakil Bupati Tolitoli, Abdul Rahman Hi Budding, langsung datang memasuki ruangan pelantikan dan langsung menendang meja yang ditempati Bupati, dan berseru “Hentikan pelantikan, kenapa saya selaku wakil bupati tidak diberitahu kalau ada pelantikan,” serunya lantang, seperti terekam dalam puluhan video para warga yang mengabadikan peristiwa itu.

Wakil Bupati Abdul Rahman rupanya tersinggung karena tidak dilibatkan dalam proses pelantikan pejabat di Tolitoli.

Video-video yang merekam insiden mengejutkan di Tolitoli ini pun banyak ditemui di media sosial terutama Youtube.

Baca Juga  Buih Busa Raksasa di Sungai Jadi Viral

Sambil marah-marah wakil bupati terus emosi dan nyaris baku hantam dengan bupati, namun sejumlah pejabat sempat melerai.

Bupati saat itu langsung menghentikan sambutannya, dan mengatakan pelantikan tetap dilanjutkan. Sambil sahut-sahutan berteriak, Bupati Saleh Bantilan pun menyatakan bahwa pelantikan tetap sah dan dilanjutkan.

“Saya ini Bupati, pelantikan ini tetap sah,” jawab Bupati di hadapan pejabat yang dilantik.

Namun Wakil Bupati terus marah-marah, “Selama dua tahun kepemimpinan kami lah yang mengetahui Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Daerah, Bupati hanya sering keluar daerah,” katanya dengan suara lantang.

Suasana pelantikan yang awalnya kondusif berubah menjadi kacau dan bupati langsung menutup acara pelantikan.

Kapolres Tolitoli AKBP M. Iqbal Alqudusy SH SIK kemudian berupaya memediasi Bupati dan Wakil Bupati dengan melibatkan Forkompimda, dengan harapan masalah tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah. (*)

Komentar

Berita Terbaru