oleh

YARA dan Gerak Apresiasi Kejati Aceh

-Aceh-39 views

PENANEGERI, Aceh – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) dan Gerakan Anti Korupsi (Gerak) mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi Aceh. Dua lembaga ini memberikan piagam penghargaan atas capaian kerja Kejati selama ini.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kepala Kejati Aceh, Chairul Amir yang saat ini telah mendapat promosi jabatan menjadi Direktur Ekonomi dan Keungan pada Kejaksaan Agung Muda Bidang Intel (Jamintel).

Penyerahan piagam penghargaan itu berlangsung pada acara lepas sambut jabatan Chairul Amir SH, MH dengan Irdam, SH, MH sebagai Kepala Kejati Aceh yang baru, Minggu (14/10).

YARA dan Gerak mengapresiasi kinerja Kejati dalam mempublikasikan database eksekusi tuntas kasus korupsi melalui web www.etaskejatiaceh.com.

“Piagam penghargaan ini saya serahkan langsung bersama Badan Pendiri Gerak Aceh, Akhiruddin Mahyuddin yang juga Ketua Presidum Gerak Nasional. Ini merupakan bentuk penghargaan dari kami kepada Kejati Aceh,” kata Ketua YARA, Safaruddin kepada Penanegeri.com.

Safar mengatakan, database eksekusi tuntas pada Kejati Aceh tersebut merupakan inovasi terbaik dalam penyapaian informasi dan partisipasi publik saat ini di insitusi Kejaksaan. Publikasi database seperti ini hanya baru ada di Kejati Aceh.

“Dengan publikasi database kasus korupsi yang telah tuntas ditangani oleh Kejati Aceh, masyarakat dapat mengakses berapa jumlah kasus yang telah tuntas. Siapa saja terdakwa korupsi yang telah dieksekusi, siapa yang masih berstatus DPO, siapa yang sedang mengembalikan kerugian Negara dan siapa yang belum, juga terhadap siapa terdakwa yang sudah membayar uang pengganti dan yang belum,” ujarnya.

Menurut Safar, publikasi database eksekusi tuntas ini sangat inovati, informatif dan partisipatif. Masyarakat akan dapat ikut serta dalam mengawal dan menginformasikan perkara yang sudah tuntas.

“Dengan adanya database ini masyarakat akan dapat melihat kendala kendala yang menyampaikan informasi membantu Kejaksaan untuk menuntaskan eksekusinya, dan program ini akan sangat bermanfaat jika di terapkan di seluruh Kajati di Indonesia,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Charul Amir juga turut menyampaikan terimakasih kepada YARA yang dianggap selama ini aktif dalam melakukan kontrol publik terhadap kinerja Kejaksaan dan juga Gerak yang sering memberikan informasi melaporkan dan memberikan dukungan dalam pembuktian kasus korupsi yang ditangani oleh Kejati Aceh.

Komentar

Berita Terbaru