oleh

16 Mahasiswa Jepang yang Belajar di Almuslim Bireuen Berakhir

PENANEGERI, Bireuen – Sebanyak 16 mahasiswa Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang mengakhiri belajar, di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, Jumat (6/9).

Kecuali 2 mahasiswa asal Jepang yakni, Horie Mio dan Ando Kazuma akan tetap melanjutkan kuliahnya, di Umuslim selama satu tahun ke depan.

Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli M.Kom kepada Penanegeri.com, Jumat (6/9) mengatakan, ke 16 mahasiswa dan mahasiswi asal Jepang belajar dan kuliah tentang bahasa dan budaya Indonesia khususnya, Aceh di Umuslim sejak 16 Agustus 2019.

“Seluruh hasil pembelajaranya kembali di seminarkan setelah mereka dapatkan selama ini di Umuslim tadi pagi,” katanya.

Mereka, tambah Zulkifli, yang selama ini belajar, di Umuslim Peusangan itu adalah Kishi Airi, Tajiri Mei, Sasaki Masaki Miyuki, Ebuchi Naho, dan Ohba Aimi.

Lalu Kato Chika, Chisaki Haruna Matsushima Mayu, Horie Mio, Aono Tatsuya, Takahera Koga, Muraki Kosuke, Muramatsu Yuki, Morooka Daiki, Suzuki Ryoma, Ando Kazuma dan Saeki Natsuko, serta dosen NGU.

Rencananya, lanjut Zulkifli, mereka akan kembali ke Jepang, Minggu (8/9) lusa via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Baca Juga  Siswi SMP Dicabuli Saudara Tirinya di Aceh Utara

Usai kita terima gelombang mahasiswa dari Jepang ini, selanjutnya akan kedatangan satu rombongan lagi mahasiswa dari Jepang  ke Umuslim Oktober 2019.

Dibagian lain, Zulkifli  mengaku, kedepan Umuslim juga akan mengirim mahasiswanya Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ke Thailand dan Brunei Darussalam.

“Saat ini Rektor Umuslim, Dr H Amiruddin Idris, SE,M.Si  sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa universitas ternama di luar negeri,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru