oleh

199 Warga Binaan di Rutan Bireuen Belum Kantongi e-KTP

PENANEGERI, Bireuen – Dari 395 warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bireuen, 119 napi dan tahanan diantaranya belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Sementara warga binaan di Rutan Bireuen yang sudah masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) tercatat sebanyak 286 orang.

Dengan belum adanya data kependudukan, maka mereka dipastikan tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga terancam tidak bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 ini.

“Ada sekitar 119 orang yang belum terdata dan tidak ada KTP Elektronik dan kita harapkan dalam waktu dekat ini mereka dapat dilakukan perekaman e-KTP,” ujar Kepala Rutan Bireuen, Sofyan SH, Sabtu (19/1).

Untuk penanganan perekaman e-KTP ini, tambah Sofyan, pihakya terus melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen.

Selain melibatkan Disdukcapil, selama perekaman e-KTP ini juga bekerjasama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI dan Polri, serta unsur terkait lainnya.

“Sedangkan yang belum masuk dalam DPT ini tetap didata, agar mereka dapat memiliki hak pilih pada Pemilu ini, disamping e-KTP ini juga dikebutuhkan untuk administrasi mereka sendiri,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru