oleh

20 Warga Rohingya Dipindahkan ke Panti Gepeng Langsa

-Aceh-74 views

PENANEGERI, Langsa – Sebanyak 20 warga negara Myanmar etnis Rohingya yang berlabuh di Pelabuhan Kuala Idi beberapa waktu lalu, segera dipindahkan ke Panti Gepeng Kota Langsa.

“Insha Allah besok (Jumat), mereka akan kita pindahkan dari Kantor Imigrasi Kelas II Langsa ke Panti Gepeng,” sebut Asisten I Pemko Langsa, Suriyatno, AP, M.SP kepada Penanegeri.com, Kamis (6/12).

Dijelaskannya, keputusan pemindahan ini setelah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait yang digelar di Aula Walikota Langsa. Dalam rapat tersebut, Pemko Langsa menerima warga Rohingya tersebut atas dasar kemanusiaan. Karenanya, atas aspek kemanusiaan itu, kita akan terus melakukan koordinasi tahapan-tahapan penanganan pengungsi tersebut.

Namun demikian, Suriyatno berharap kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta lembaga dan stakholder lainnya, untuk mendukung Pemerintah Kota Langsa dalam penanganan pengungsi ini.

Dipanti Gepeng
(Penanegeri/M Rizal) : Asisten I Pemko Langsa, Suriyatno, AP, M.SP saat meninjau Panti Gepeng yang akan dijadikan penampungan sementara warga Rohingya, Kamis (6/12).

Hal ini mengingat penganggaran ke depan dalam penanganan pengungsi itu tidak semuanya bisa ditanggung oleh Pemerintah Kota Langsa.

“Saya berharap pihak-pihak terkait untuk bersama-sama membantu penanganan pengungsi ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Tahun 2019, Kota Langsa Harus Bebas dari Kumuh

Sementara itu, untuk penegakan hukum bagi mereka yang melanggar hukum di Indonesia, maka akan tetap diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Mudah-mudahan penanganan para pengungsi ini bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Komentar

Berita Terbaru