oleh

25 Napi di Lapas Bireuen Kembali Bebas Asimilasi

PENANEGERI, Bireuen – Sebanyak 25 narapidana di Lapas kelas IIB Bireuen kembali mendapat pemberian bebas asimilasi di rumah, guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Senin (6/4) sore.

Sebelumnya, 19 napi di Laps Bireuen itu juga telah dilakukan bebas asimilasi dan integrasi dampak Covid-19, Kamis (2/4) lalu.

Kepala Lapas kelas IIB Bireuen, Abas Ruchandar kepada wartawan mengatakan, pemberian bebas asimilasi dan integrasi dampak Covid-19 ini khusus napi yang telah menjalani 2/3 dari hukumannya sebelum tanggal 31 Desember 2020.

“Mereka ini mendapat pemberian bebas asimilasi ini tersandung sejumlah kasus, baik narkoba ringan, penggelapan, penipuan serta kasus perlindungan anak,” ujarnya.

“Sedangkan untuk kasus korupsi serta terorisme hingga saat ini belum bisa dibebaskan, dan ini sesuai dengan PP Nomor 99 Tahun 2012,” sebutnya.

Bebasnya 25 narapidana hari ini serta 19 orang narapidana pada pekan lalu, berdasarkan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 dan Kepmenkumham Nomor 19 Tahun 2020.

“Apabila seluruh narapidana ini melanggar, maka akan tetap dikenakan sanksi, bebas asimilasi ini dicabut dan yang bersangkutan akan dikembalikan ke Lapas sesuai ketentuan,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *