oleh

4 Pembobol Toko di Bireuen Ditangkap di Bener Meriah

PENANEGERI, Bireuen – Polres Bireuen berhasil mengamankan serta menangkap, empat pelaku pencurian dengan pemberatan, pembobolan yang dilakukan di sebuah toko kelontong Baruna, di Jalan Pengadilan Lama, Bireuen.

Penangkapan ke empat pelaku tersebut dibawah koordinasi Satreskrim Polres Bireuen. Mereka ditangkap di depan sebuah warung kopi, kawasan Ronga-ronga, Kabupaten Bener Meriah, Senin (1/4) kemarin.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH kepada Penanegeri.com, Selasa (2/4) menjelaskan, ke empat tersangka ini melakukan pencurian dengan cara membobol toko milik Misran (39) warga Desa Meunasah Capa, Kota Juang, di Jalan Pengadilan Lama, Bireuen.

“Mereka ini residivis, dan merupakan pemain antar kabupaten/kota di Aceh, mereka datang dengan menggunakan sebuah kendaraan roda empat minibus Toyota Avanza, Minggu (31/3) malam,” katanya.

Saat kejadian, kendaraan yang mereka tumpangi ini diparkir depan toko tersebut, lalu mereka langsung membongkar gembok pintu, selanjutnya masuk mengobrak-abrik dan mengambil barang dalam toko, termasuk puluhan slop rokok.

Baca Juga  Magfirah, Ibu Tiga Bayi Kembar di Rutan Bireuen Bebas

Dijelaskan Kasat, terakhir korban mengetahui kondisi tokonya telah dibongkar, Senin (1/4) sekitar pukul 06.00 WIB.

“Saat itu korban melihat kalau pintu tokonya itu sudah terbuka dan di dalamnya sudah berantakan usai diobrak-abrik,” jelasnya.

Setelah mengetahui kejadian itu, korban langsung membuat laporan resmi ke Polres Bireuen terkait hilangnya belasan slop rokok dalam tokonya, dan diperkirakan kerugian mencapai Rp 8 juta.

Disamping melaporkan kejadian itu, korban juga memperlihatkan isi rekaman CCTV, aksi yang dilakukan kawanan itu dalam toko miliknya.

“Berdasarkan laporan sertai hasil rekaman CCTV, personel Satreskrim Polres Bireuen langsung bergerak, mencari keberadaan pelakunya. Untuk mengungkap kasus ini, personel juga bergerak ke sejumlah titik, mencari keberadaan kendaraan yang digunakan termasuk pelakunya,” sebut Kasat.

Akhirnya, usaha yang dilakukan personel di lapangan membuahkan hasil, dengan berpedoman pada rekaman CCTV. Ke empat pelaku yang diduga terlibat dalam aksi itu berhasil ditangkap, di depan sebuah warung kopi di Ronga-Ronga, Bener Meriah.

Ke empat pelaku dan kini telah ditetapkan sebagai tersangka yakni, Rs bin Y (56), Mas Al bin Is (22), Mun bin Hs (30), ketiganya ini beralamat di Cot Geulumpang, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur. Selanjutnya, Mar bin Rm (38) tercatat sebagai warga Desa Karieng, Peudada, Kabupaen Bireuen.

Baca Juga  Terkait Pergantian Kepala BPKS, YARA : 17 dari 18 Geuchik di Sabang Dukung Kebijakan DKS

“Ke empat tersangka ini sudah kita amankan ke Mapolres Bireuen bersama barang bukti, termasuk satu unit mobil Avanza yang mereka gunakan saat membobol toko tersebut,” terangnya.

Komentar

Berita Terbaru