oleh

48 Paku yang Dimakan Wawan Berhasil Dikeluarkan

PENANEGERI, Tasikmalaya – Lelaki bernama Wawan Gunawan (44), yang menghebohkan karena nekat makan 48 paku, akhirnya berhasil ditolong oleh tim Dokter RSUD dr Soekardjo, Tasikmalaya, Jawa Barat melalui proses operasi, yang berlangsung dengan lancar pada Rabu (1/11). Dari tubuh Wawan berhasil dikeluarkan 48 buah paku beragam ukuran, melalui operasi.

Sebelumnya, Wawan sudah dirawat di RSUD dr Soekardjo karena mengalami sakit di perutnya sejak Senin (30/10) malam. Dari perutnya muncul paku yang hampir menembus tubuhnya.

Berdasarkan hasil foto rontgent, sejumlah paku tajam dan panjang tertanam dalam perut buruh bangunan tersebut. Beberapa paku terlihat menancap di bagian dinding perut bagian kanan dan kiri. Sebagian besar mengumpul di bagian usus besar mendekati anus. Bahkan dua paku sudah melukai perutnya hingga tembus kulit luar.

Diduga Wawan memakan paku lantaran mengalami gangguan kejiwaan. Perilaku ini lebih diduga karena wawan sang pasien mengalami depresi berat, diduga karena faktor ekonomi.

Khawatir akan kondisi semakin parah, tim dokter memilih mengoperasinya supaya paku segera bisa dikeluarkan hari ini.

Baca Juga  Wawan Sang Pemakan Paku dari Tasikmalaya Akhirnya Meninggal Dunia

Keanehan dari perilaku Wawan Gunawan (44) yang mengkonsumsi 48 paku sejak dua bulan terakhir membuat dia harus dilarikan ke IGD RSUD dr Soekardjo, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Saat diperiksa dan dirontgen pihak rumah sakit, diketahui ada puluhan paku di dalam perut warga Bebedahan, Sukanagara, Purbaratu, Kota Tasikmalaya itu.

Kepada keluarga, Wawan mengaku telah dua bulan terakhir memakan paku tanpa sepengetahuan keluarga. “Dia kan buruh bangunan juga, di tempat kerjanya kan banyak paku,” tuturnya.

Wawan mengaku mengonsumsi paku-paku karena ada bisikan yang menyuruhnya. Terkait alasan dan siapa yang menyuruhnya, Wawan enggan memberikan penjelasan lebih jauh. “Ada yang nyuruh saja,” ungkap Wawan singkat.

Seusai operasi Wawan dimasukan ke ruang ICU. Adik wawan bernama Syarif menunjukkan sebungkus paku hasil operasi dari perut Wawan. Paku-paku itu sudah dalam kondisi berkarat. Ukurannya beragam dari mulai 5 sampai 12 centimeter.

“Paku dari operasi ada 47 dan satunya lagi sudah keluar kemarin ditarik. Jadi total ada 48 yang dikeluarkan,” ujar Syarif yang merupakan adik Wawan.

Baca Juga  Wawan Sang Pemakan Paku dari Tasikmalaya Akhirnya Meninggal Dunia

Rencananya, Dokter Rumah Sakit berencana memeriksa kejiwaan bapak dua anak tersebut. Namun, dalam jangka waktu terdekat tindakan operasi pun segera dilaksanakan untuk mengeluarkan paku dari dalam perut Wawan.

“Ya kan ini kebiasaan tak lazim. Kami tanya ke keluarga, ternyata pasien mengaku kerap mendengar suara bisikan agar konsumsi paku. Bahkan pasien sering melihat orang makan paku hingga diikutinya,” tutur Kabid Pelayanan RSUD Dokter Soekardjo, Budi Tirmadi.

Wawan, hingga hari Kamis (2/11) masih berada di ruang ICU, setelah Rabu kemarin, 1 November 2017, menjalani operasi.

Secara umum kondisi Wawan mulai membaik dan sudah siuman, namun masih harus menjalani perawatan intensif (*)

Komentar

Berita Terbaru