oleh

5 Lobster Unggulan Indonesia yang Terkenal Enak dan Mahal

PENANEGERI, Lifestyle  РLobster unggulan Indonesia terdiri dari beberapa jenis dengan kenikmatan tiada dua. Harga di pasaran juga mahal sehingga lobster tergolong menu istimewa.

Lobster sedang ramai diperbincangkan setelah Susi Pudjiastuti mengkritik kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Twitter. Pasalnya Edhy Prabowo menginisiasi ekspor benih lobster yang dianggap Susi Pudjiastuti bisa sebabkan kerugian untuk negara.

Lobster sendiri merupakan hewan laut yang tergolong kelompok crustacean besar dengan nilai ekonomi tinggi. Dagingnya tebal dan kenyal dengan kandungan gizi tinggi. Tampilan lobster mirip udang, namun berukuran cukup besar. Hewan ini juga memiliki capit yang mirip dengan kepiting.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari laman detik.com yakni 5 jenis lobster unggulan yang ada di Indonesia

1. Lobster Pasir

Lobster pasir memiliki nama lain Panulirus Homarus yang merupakan salah satu jenis lobster populer di Teluk Palabuhanratu. Selain di Indonesia, jenis lobster ini juga banyak ditemui di Vietnam. Lobster pasir sangat mudah ditemukan di wilayah tropis maupun subtropis.

Selain Indonesia dan Vietnam, lobster pasir juga banyak ada di perairan Pasifik Barat, Afrika Selatan, India, Jepang, dan Australia. Lobster ini berukuran cukup besar dengan warna yang agak gelap dan bintik-bintik putih di badannya.

Lobster sendiri terkenal mahal, seperti lobster pasir ini yang dijual sekitar Rp. 700.000 per kilogramnya. Untuk olahan, lobster pasir ini biasanya diolah dengan cara dibakar dengan sejumlah bumbu rempah

2.Lobster Bambu
Foto: iStockLobster bambu berwarna oranye dan hijau dengan garis hitam putih yang melintang di sekeliling badannya. Lobster ini disebut bambu karena bentuknya memanjang dan memiliki garis mirip bambu asli.

Lobster yang sering disebut lobster hijau ini hidup di perairan dengan kedalaman hingga 15 meter di dalam laut. Perairan Indonesia yang banyak menghasilkan lobster bambu (lobster hijau) ini diantaranya di perairan Aceh, Sumatera Barat, Manado, Makassar dan Jawa Barat.

Lobster bambu juga memiliki harga cukup tinggi yaitu Rp. 750.000 per kilogram. Harga ini sepadan dengan kandungan gizi yang terdapat pada lobster bambu tersebut. Lobster berdaging tebal ini sangat enak jika disantap dengan bumbu asam manis.

3. Lobster Batik

Sesuai namanya, lobster batik memiliki warna dan motif unik mirip batik. Warna dasarnya cokelat gelap dan memiliki bintik-bintik putih kecil. Antena dari lobster ini memiliki warna ungu dengan bintik hitam.

Lobster batik mudah ditemukan di wilayah Pantai Selatan yang ada di Pulau Jawa. Lobster berdaging tebal ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Cita rasa tersebut pastinya sangat nikmat jika disantap bersama sajian seafood lainnya.

Lobster jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi dari lobster bambu dan lobster pasir, yaitu dibandrol dengan harga Rp. 800.000 per kilogramnya. Lobster batik bisa diolah dengan beragam cara, salah satunya enak disantap dengan bumbu saus Padang.

4. Lobster Batu

Lobster batu memiliki corak garis-garis berwana hitam dan putih yang sangat terlihat. Hampir mirip dengan lobster bambu, namun lobster batu ini memiliki warna yang agak pucat. Warnanya yang agak pucat ini sering dianggap tidak segar lagi.

Lobster ini diberi nama lobster batu karena ditemukan di antara bebatuan atau di sela-sela karang ada di laut. Aceh merupakan daerah penghasil lobster batu yang terbanyak ada di Indonesia. Lobster satu ini juga memiliki daging yang tebal dan cita rasa nikmat.

Lobster batu ini juga memiliki harga yang cukup tinggi namun lebih murah dari jenis lobster pasir yaitu Rp. 650.000 per kilogramnya. Dengan harga yang cukup tinggi tersebut, lobster ini pun akan terasa nikmat diolah dengan beragam olahan. Salah satunya diolah dengan bumbu saus tiram yang gurih dan lezat

5. Lobster Mutiara

Jenis lobster mutiara merupakan lobster yang paling mahal di Indonesia. Lobster mutiara juga merupakan jenis lobster langka. Lobster jenis ini bobotnya bisa mencapai 3 kilogram.

Soal harga, sudah pasti harganya paling mahal daripada 4 jenis lobster lainnya. Untuk harga per kilogramnya, lobster mutiara ini dibandrol Rp. 900.000. Apalagi jika bobotnya lebih tinggi, sudah pasti harganya akan lebih mahal.

Harganya yang sangat mahal sudah dapat dipastikan kalau lobster mutiara ini memiliki cita rasa nikmat yang tak terkalahkan serta memiliki daging yang tebal. Untuk menyantap lobster mutiara bisa dengan beragam cara. Bahkan hanya dengan direbus, rasanya akan tetap nikmat. (*/dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *