oleh

561 Gampong di Bireuen Telah Terealisasi Pencairan Dana Desa Tahap 3

PENANEGERI, Bireuen – Dari 609 gampong di Kabupaten Bireuen, 561 gampong diantaranya telah dicairkan dana desa (DD) tahap ke 3 tahun 2018, sedangkan 48 gampong lainnya belum terealisasi pencairannya.

Sementara batas pencairan dana desa tahap ke 3 tahun 2018 berakhir 30 November ini, bila tak segera dilakukan realisasi pembangunan fisik tahap ke 2, maka dana tahap ke 3 tetap hangus dan tak bisa ditarik pihak gampong.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Kabupaten Bireuen, Bob Mizwar S.STP, M.SI kepada Penanegeri.com, Selasa (13/11) menjelaskan, hanya 48 gampong lagi yang belum terealisasi dana DD tersebut.

“Untuk itu kita sangat berharap seluruh camat dari 48 gampong tersebut untuk segera membantu, memfasilitasi, dibantu oleh pendamping desanya masing-masing, sehingga kendala yang dihadapi gampong tersebut segera teratasi,” pintanya.

Menurut Bob Mizwar, Kabupaten Bireuen paling cepat melakukan penyaluran dana DD di Aceh, dan ini terjadi karena peran perangkat gampong dalam membuat laporan realisasi fisik tidak terkendala, termasuk pertanggungjawabannya.

Cepatnya realisasi dana DD tahun 2018 ini, kata Bob Mizwar, karena peran semua pihak, adanya sinergitas dinas, camat, pendamping desa, operator serta perangkat gampong dalam melaksanakan pembangunan.

Dirincikan Bob Mizwar, Kecamatan yang telah terealisasi dana DD tahap ke 3 meliputi Kecamatan Peulimbang, Kuala, Pendrah, Jeumpa, Peusangan Selatan, Makmur dan Kecamatan Gandapura.

Sementara gampong dibeberapa kecamatan lain, hingga kini masih harus memperbaiki pertanggungjawaban dan realisasi fisik 50 persen dari dana tahap ke 2.

“Agar terhindari hangusnya dana DD tahap ke 3, kita tekankan agar camat dan pendamping desa untuk dapat sesegera mungkin membantu kendala yang dihadapi oleh 48  gampong tersebut, sehingga pekan ini segera bisa terealisasi dana tahap ke 3,” pintanya.

Komentar

Berita Terbaru