oleh

57 Gampong di Kota Langsa Ikut Gampong Fair I

-Aceh-274 views

PENANEGERI, Langsa – Sebanyak 57 gampong dari 66 gampong mengikuti even gampong fair I, dalam rangka merayakan HUT ke 18 Kota Langsa tahun 2019.

Kepala DPMG Kota Langsa, Al Azmi, S.STP, M.AP menyampaikan, gampong fair I ini dilaksanakan sejak 17 hingga 20 Oktober 2019, di Lapangan Belakang Pendopo Walikota Langsa.

Kegiatan gampong fair ini selain dalam rangka memeriahkan HUT Kota Langsa, juga sebagai sarana untuk mengevaluasi capaian pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, keagamaan, sosial, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat gampong melalui pemanfaatan dana desa.

Sementara itu, tujuan dilaksanakannya acara ini adalah menggali potensi gampong, sebagai tolak ukur keberhasilan gampong dalam pemanfaatan SDM dan SDA yang ada di gampong, sebagai sarana promosi produk unggulan dan inovasi gampong, sebagai ruang publikasi dan tuka pengetahuan, ide dan gagasan dalam pembangunan serta kemajuan gampong.

Melestarikan adat istiadat dan budaya gampong di Kota Langsa serta diharapkan lahirnya gampong terbaik, produk unggulan terbaik, inovasi terbaik dan penggunaan dana desa yang berkualitas.

Baca Juga  Kodim Bireuen Bangun Jembatan Penghubung Dua Desa di Makmur

“Dalam gampong fair ini mereka membuka stand dengan menampilkan berbagai ciri khasnya masing-masing, baik itu kerajinan tangan dan makanan hasil dari olahan masyarakat gampong,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE mengatakan, gampong fair sebagai pertanggungjawaban publik terhadap penggunaan dana desa (DD) di gampong.

Sehingga, pemerintahan gampong dan masyarakat bisa melihat dan membandingkan capaian pembangunan di gampongnya dengan gampong lain.

Gampong fair ini diikuti oleh 52 gampong dalam wilayah Pemko Langsa, yang membuka stand dengan menampilkan berbagai ciri khasnya masing-masing, baik itu kerajinan tangan dan makanan yang bersifat ekonomi masyarakatnya.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG), para camat dan geuchik yang telah berhasil melaksanakan perhelatan besar gampong fair ini,” ucap walikota.

Diakuinya, dalam kegiatan ini memang Pemko Langsa, belum mengalokasikan anggaran khusus. Jadi, masih murni dana dari gampong.

Acara ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk melihat dan mengevaluasi capaian pembangunan di gampong setelah adanya alokasi dana desa (ADD) dan DD, baik itu dibidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pembangunan infrastruktur, pembinaan kemasyarakatan maupun bidang pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Penutupan LKS SMK : Bupati Bireuen Ajak Undangan Bacakan Al Fatihah untuk BJ Habibie

Dengan demikian, terjadi proses saling bertukar informasi dan saling belajar demi perbaikan pembangunan gampong selanjutnya. Bagi gampong-gampong yang memang penggunaan anggarannya efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta prosesnya partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunannya.

“Kami telah menerbitkan Peraturan Walikota Nomor : 2/2019 tentang penggunaan dana desa Tahun 2019 yang didalamnya kami minta agar masing-masing gampong mengalokasikan anggaran yang cukup untuk berperanserta dalam Gampong Fair ini,” sebutnya.

Dalam rangkaian gampong fair ini juga digelar berbagai macam perlombaan, seperti paparan program gampong, cerdas cermat, inovasi gampong, produk unggulan gampong, web gampong, dan lain-lain.

Berbagai perlombaan ini digelar sebagai salah satu cara untuk mengukur dampak kegiatan penguatan kapasitas geuchik, tuha peut, perangkat gampong, juga lembaga kemasyarakatan yang telah banyak melakukan studi banding keluar daerah, mendapatkan pelatihan berupa penambahan pengetahuan maupun ketrampilan serta pendampingan dari Tim Penggerak Produktifitas Pendidikan Masyarakat Desa (TP3MD) dan Pemko Langsa.

Acara tersebut juga di hadiri Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM, para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. Sebelum pembukaan pihak panitia juga menyuguhkan berbagai penampilan tari khas Aceh, puisi dan vokal grup.

Komentar

Berita Terbaru