oleh

640 Ribu TKI Asal Aceh di Malaysia, Sebagian Besar Alami Masalah dokumen

-Aceh-53 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh yang berada di Malaysia mencapai sekitar 640 ribu orang. Hal tersebut berdasarkan data dari berbagai sumber yang diprediksikan oleh anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman alias Haji Uma.

Haji Uma mengaku miris, sebab sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan para pengadu nasib di negara tetangga sebagai tenaga kerja tanpa surat dokumen resmi negera.

“Angka sebanyak itu setara dengan jumlah masyarakat di dua Kabupaten di Aceh. Dimana kita indikasikan banyak permasalahan hidup kerap mereka jumpai disana,” kata Haji Uma kepada wartawan, Jumat (23/11).

Komedian Aceh tersebut mengaku sedih membayangkan nasib warga Aceh di Malaysia. Salah satu laporan yang diterimanya beberapa waktu lalu seperti putra dari pasangan Hamdani dan Asriati, warga Dusun Tanjong Raya, Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur.

“Dari laporan yang kita terima itu, putra mereka bernama Diki Rahmadi (18) yang merupakan salah satu TKI Muda Aceh dalam permasalahan besar di perantauan sana. Ia dalam keadaan sakit saat ini di sebuah penjara setelah ditangkap di salah satu sektor di kawasan Kuala Lumpur, Malaysia sejak dua bulan terakhir,” sebut Haji Uma.

Haji Uma menambahkan, dirinya mendapat kabar bahwa Diki ditangkap karena tidak memiliki dokumen yang sah. Ibunya melaporkan dalam kondisi menangis setiap harinya, anaknya dikabarkan sedang sakit keras di dalam penjara sana.

Pihak keluarga hanya bisa meratapi kasus yang dialami putra mereka itu dan hanya bisa di doakan jarak jauh. Hajat hati untuk memproses kebebasan anak mereka sebatas mimpi diantara ekonomi mereka yang miris. Kehadiran Haji Uma dikatakan sebagai sebuah keajaiban, di mana doa sang ibu seakan-akan telah terkabulkan untuk segera menjumpai putranya kembali.

Diki merupakan satu dari ribuan kasus bagi TKI, untuk mendapatkan informasi tahanan dari 15 penjara di Malaysia adalah hal rumit, para tahanan disana hanya akan diketahui dengan mengetahui nomor tahanannya saja.

Dalam hal ini berkat ketulusan dan keikhlasan Haji Uma melalui tangannya di Malaysia berhasil menggali keberadaan Diki yang kini diketahui ia berada di sebuah penjara Buket Jalil.

“Alhamdulillah, tidak menunggu lama, melalui Abu Sabar kita telah menjumpai Diki di Buket Jalil. Sekarang kasusnya dalam proses, ia akan diurus oleh fasilitator Abu Sabar untuk segera di pulangkan ke Aceh,” kata Haji Uma.

Komentar

Berita Terbaru