oleh

7 Makanan Anti Gagal Fokus 

PENANEGERI, Kesehatan-  Simaklah Tujuh jenis Makanan yang telah terbukti ampuh untuk meningkatkan Fokus kita di Tempat Kerja, sehingga menjauhkan kita dari gejala Gagal Fokus.

Perjuangan untuk fokus pada pekerjaan bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Tentu saja, jika Anda merasa stres, emosional, lelah atau mengalami peristiwa besar lainnya yang terjadi, akan sulit untuk fokus atau bahkan gagal fokus.

Namun, jika Anda tidak dapat benar-benar menentukan mengapa Anda sulit memfokuskan pekerjaan, cobalah mengubah apa yang Anda makan dan minum sepanjang hari.

Makanan yang kita makan tidak hanya memberi energi pada otak untuk berfungsi, tapi juga dapat mempengaruhi aliran darah ke otak, mengatur jalur neurotransmiter, menandakan antara neuron (sinapsis) dan mempengaruhi bagaimana pesan dikirim melalui otak.

Rekomendasi umum untuk mendukung fungsi otak dan kesehatan secara keseluruhan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi flavonoid.

Flavonoid adalah sejenis antioksidan yang ditemukan pada makanan seperti teh, kakao, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Flavonoid telah terbukti dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi secara lebih spesifik bagaimana flavonoid berperan dalam fungsi otak.

Beberapa makanan telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah di otak, yang bisa membantu Anda tetap fokus.
Beberapa nutrisi spesifik, seperti asupan zat besi atau air, juga dapat mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak.

Makanan berserat tinggi yang dipasangkan dengan protein dan lemak sehat dapat menjaga pasokan energi konstan yang beredar melalui tubuh.

Ingat, bahwa makanan yang mengandung kadar tinggi gula cenderung membuat melonjak kadar gula darah.

Inilah Tujuh jenis Makanan yang telah terbukti ampuh untuk meningkatkan Fokus kita di Tempat Kerja :

# 1 – Kayu Manis

Indonesia adalah salah satu negara terbesar penghasil kayu manis untuk mensuplai pasaran internasional. Kayu manis dan penurunan berat badan, telah terbukti mempengaruhi kewaspadaan dan mengurangi kelelahan secara positif.

Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 2009 ditemukan saat subjek uji diberi kayu manis untuk dicium setiap 15 menit selama perjalanan mengemudi yang berkepanjangan, kewaspadaan meningkat.

Jadi, meski hanya berbau bau yang berbeda bisa mempengaruhi fungsi otak, bukan hanya apa yang kita makan.

Menggunakan penyegar udara (pengharum ruangan) kayu manis di tempat kerja juga dapat membantu mengatasi hal ini, namun menyantap kayu manis sepanjang hari mungkin juga memberi manfaat yang sama.

Taburi kayu manis di atas yogurt, di smoothie, sereal, oatmeal atau bahkan hidangan gurih untuk menambahkan profil rasa yang berbeda.

Tambahkan kayu manis di sarapan dan / atau makan siang Anda bisa membantu memberi dorongan untuk meningkatkan fokus Anda di tempat kerja.

# 2 – Mint

Daun mint

 

Penelitian menemukan bahwa mint memiliki efek positif pada peningkatan kewaspadaan dan fokus otak. Mint juga secara khusus menurunkan kecemasan dan kelelahan dalam penelitian ini.

Mengunyah permen karet sepanjang hari bisa memberi rasa mint cukup untuk membantu meningkatkan kewaspadaan mental.

Anda juga bisa menambahkan mint segar ke minuman smoothies atau di jus, pada air Anda sebagai infused water, campuran untuk teh peppermint atau tambahkan mint segar ke yogurt.

Manfaat menambahkan mint segar ke sarapan atau makan siang adalah bahwa Anda juga mendapatkan lebih banyak antioksidan dan serat.

# 3 – Berries

Manfaat kesehatan blueberry

Berries adalah sumber kaya antioksidan flavonoid. Cara flavonoid berpengaruh positif terhadap kesehatan masih dipahami dari penelitian.

Mengonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, stroke dan demensia.

Flavonoid dianggap berdampak pada kesehatan dengan memperbaiki aliran darah dan melindungi sel dari kerusakan.
Flavonoid dapat membantu memperbaiki aliran darah ke otak yang dapat menurunkan risiko demensia namun juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dengan membantu meningkatkan daya ingat, fokus atau konsentrasi.

Makan buah berry sepanjang hari bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus karena suplai flavonoid.

Tambahkan berry, segar atau beku, untuk sarapan, makan siang dan / atau kudapan untuk mengatasi asupan flavonoid Anda.

# 4 – Coklat gelap/ Dark Chocolate

Selain berry, tanaman kakao merupakan sumber yang kaya zat flavonoid.
Mengkonsumsi sejumlah porsi kecil coklat ‘Dark Chocolate’ setiap hari dalam seminggu sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Studi tahun 2016 menunjukkan bahwa manfaat kakao juga dapat mencakup peningkatan fungsi otak.

Periset menemukan lebih banyak konsumsi coklat yang secara signifikan dikaitkan dengan kinerja kognitif, memori dan penalaran yang lebih baik pada peserta penelitian.

Penelitian ini melibatkan hampir 1.000 peserta dan merupakan salah satu studi pertama untuk menjelaskan bagaimana konsumsi coklat dapat mempengaruhi kesehatan otak.

Diperlukan penelitian lebih lanjut, namun penelitian tersebut menyarankan untuk memakan coklat setidaknya seminggu sekali dapat mempengaruhi otak secara positif.

Penelitian ini tidak memberi jalan terus untuk mulai menumbuk batang coklat di tempat kerja. Itu mungkin tidak akan membantu fokus Anda sama sekali.

Sebagai gantinya, mengonsumsi satu porsi kecil satu ons cokelat hitam berkualitas tinggi setidaknya satu hari dalam seminggu bisa membantu otak Anda berfungsi lebih baik.

Semua ini bisa diterjemahkan untuk membantu Anda fokus dan bahkan mungkin membantu Anda mengingat hal-hal yang lebih baik.

# 5 – Oats (gandum)

Mengkonsumsi makanan seperti biji-bijian gandum yang menyediakan serat dan protein bisa membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Untuk memperoleh pelepasan energi yang stabil dari makanan dapat membantu memicu otak Anda dan dapat membantu meningkatkan fokus Anda.

Saat kita meraih makanan yang lebih tinggi seperti gula pasir, soda atau sereal manis, kadar gula darah naik tinggi kemudian jatuh beberapa jam kemudian.

Tingkat gula darah ini dapat mempengaruhi fungsi otak dan membuat sulit fokus.

# 6 – Makanan  yang kaya zat besi  (Iron).

Jika Anda benar-benar sulit memfokuskan dan memiliki masalah kesehatan lainnya seperti: tingkat energi rendah, sakit kepala , Pusing, kuku yang rapuh, kulit pucat atau tangan dan kaki dingin, Anda bisa kekurangan zat besi.

Fokus yang mudah terganggu bisa menjadi gejala kekurangan zat besi atau masalah kesehatan lainnya. Jika menurut Anda kurangnya fokus Anda bisa menjadi bagian dari masalah kesehatan yang lebih besar, jangan ragu untuk membicarakan dengan dokter Anda.

Wanita dan vegetarian memiliki risiko lebih tinggi untuk kekurangan zat besi. Makanan kaya zat besi dapat membantu Anda mendapatkan asupan zat besi yang memadai dalam makanan Anda yang dapat menyebabkan fokus mental lebih baik di tempat kerja.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi besi termasuk: daging merah tanpa lemak, sarden, biji-bijian, kacang polong, sayuran berdaun hijau, kacang polong dan biji-bijian yang diperkuat zat besi.

# 7 – Minum air minum lebih banyak saat berolahraga.

Jika Anda merasa lelah, sulit memfokuskan atau sakit kepala, Anda mungkin sedikit Dehidrasi. Jika Anda tidak cukup minum air putih, sulit berkonsentrasi bisa menjadi hasilnya. Sedikit meningkatkan asupan air Anda sepanjang hari bisa membantu Anda meningkatkan fokus Anda di tempat kerja.

Tidak tahu harus mulai dari mana untuk minum air putih?

Usahakan minum 6-8 gelas air di siang hari. Kebutuhan individu dapat bervariasi, tapi itu bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai asupan cairan.

Untuk manfaat  tambahan, masukkan daun mint segar atau buah berry di air minum Anda untuk memberi lebih banyak nutrisi untuk meningkatkan kesehatan otak. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *