oleh

Acheh Future Minta Pemerintah Keluarkan Aturan Tata Krama Berhari Raya

-Aceh-85 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Lembaga Acheh Future meminta pemerintah Aceh melalui dinas terkait membuat sebuah aturan tentang tata krama menyambut hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Misalnya, lebaran tidak boleh dirayakan dengan cara-cara ala Eropa, seperti membakar lilin atau meledakkan mercon.

“Kita orang Aceh sebagai daerah Syariat Islam harus buktikan kepada daerah-daerah lain bahwa Aceh ini daerah syariat Islam. Kita sering melihat kalangan remaja pada malam hari raya meledakkan petasan. Sebaiknya kita menyambut lebaran dengan takbiran, harus sesuai dengan budaya kita,” kata Ketua Lembaga Acheh Future kepada Penanegeri.com, Senin (3/6).

Menyangkut hal itu, ia meminta Muspida masing-masing kabupaten di Aceh agar mengeluarkan imbauan dengan tegas bersama MPU, setidaknya lebaran hari raya tidak dirayakan dengan budaya-budaya Eropa.

“Kita melihat juga sepanjang bulan Ramadhan, itu di malam hari sering terdengar suara mercon di saat orang sedang melaksanakan ibadah salat tarawih. Ini jelas-jelas meganggu ibadah. Budaya seperti ini sudah saatnya dihilangkan di Aceh,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru