oleh

Ada yang Potong Kabel Telkomsel, Menkominfo Bantah ‘Black Out’ Telepon di Jayapura

PENANEGERI, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan, pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data, tidak ada kebijakan black out.

Sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan.

Pernyatan tersebut diampaikan Menkominfo, Jumat (29/8) malam, menanggapi sejumlah isu mengenai pemutusan jalur telepon di Papua dan Papua Barat sejak adanya peristiwa berujung rasa di Manokwari beberapa hari lalu yang terus berlangsung hingga saat ini.

Mengenai pemutusan total (black out) jalur telekomunikasi seluluar di Papua, khususnya di Jayapura, Menkominfo menegaskan yang terjadi adalah ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura.

“Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara & SMS bisa segera difungsikan kembali,” dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (29/9) malam.

Menurut Menkominfo, pihaknya juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan jalur telekomunikasi yang ada di ruang terbuka itu. (Rilis/Red/EN/ES)

Komentar

Berita Terbaru