oleh

Ahli Bahasa Aceh Bekali Guru SD di Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Empat orang ahli bahasa Aceh ikut membekali dan melatih 140 guru SD, di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Cot Gapu, Bireuen, Rabu (6/11).

Keempat ahli bidang bahasa Aceh itu adalah, Dr Abdul Gani Asyik MA pakar bahasa Aceh, Azwardi SPd, M Hum, dosen FKIP Unysiah dan juga penulis buku paket peulajaran basa Aceh.

Selanjutnya Muhammad Iqbal SPd SH, dosen FKIP serta editor buku paket peulajaran basa Aceh serta Muhammad Idham SPd, MEd dosen FKIP Unysiah.

Kabid Pembinaan SD Disdikpora Bireuen, Surya Harun SPd, MPd kepada wartawan mengatakan, pelatihan sebagai pengembangan kurikulum muatan lokal (bahasa Aceh) SD, sebab sejauh ini belum ada silabus yang baku, pelajaran muatan lokal pelajaran bahasa Aceh.

“Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari khusus guru SD, baik guru kelas, guru inti dan guru pengasuh. Nantinya guru ini menyusun silabus atau materi standar pelajaran bahasa Aceh. Sekarang belum ada satu silabus resmi dan standar untuk kelas I hingga kelas VI SD,” katanya.

Baca Juga  Refleksi Dua Tahun Saifannur-Muzakkar : Mahasiswa dan Pemuda Bireuen Akan Gelar Aksi Damai Depan Gudung DPRK

Dengan hadirnya empat ahli bahasa Aceh, tambah Surya Harun , nantinya bersama-sama para guru ini menyusun silabus muatan lokal serta materi pelajaran yang sesuai.

Diakuinya, selama pelatihan ini akan dibagi empat kelompok di empat ruangan berbeda, tujuannya agar memudahkan dalam menyusun silabus serta materi muatan lokal selama pertemuan.

“Tujuan utama dapat menyusun silabus muatan lokal, sesuai dengan tingkatan usia murid, lalu silabus menjadi bahan pelajaran yang baru SD di Bireuen nantinya,” ungkap Surya Harun.

Setelah pembahasan dan penyusunan silabus ini nantinya, maka akan dijadikan bahan utama untuk diajukan ke Bupati Bireuen untuk disahkan sebagai silabus resmi dan sah.

“Usai pengesahan tersebut, selanjutnya akan diajukan kembali ke Banda Aceh untuk ditetapkan sebagai materi pelajaran SD di Bireuen,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru