oleh

Air Baru Dialiri, Petani Sayangkan Musim Tanam Padi di Aceh Utara saat Bulan Puasa

-Aceh-33 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Para petani di Kabupaten Aceh Utara mengaku sangat berat menghadapi musim tanam padi yang jatuh pada bulan Ramadhan.

“Musim tanam padi tergantung kapan diberikan air oleh pemerintah. Saat ini, air baru dialiri dari irigasi masing-masing di Aceh Utara. Tidak sampai sepuluh hari lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Kapan kami fokus ibadah, kapan turun ke sawah,” ujar Sulaiman, petani Kecamatan Tanah Jambo Aye kepada Penanegeri.com, Sabtu (27/4).

Ia mengatakan, seharusnya pada awal bulan April air irigasi sudah dialiri ke sawah-sawah mereka agar dapat menyelesaikan proses penanaman padi sebelum memasuki bulan Ramadhan. Diperkirakan musim tanam akan selesai dalam jangka satu bulan.

“Seandainya air irigasi diberikan pada awal April, kemungkinan saat bulan puasa kita tidak ada lagi aktivitas. Kita harapkan ke depan jangan terulang lagi seperti ini karena kita ingin fokus ibadah di bulan Ramadhan,” timpal Sulaiman.

Sebagaimana diketahui, puncak musim tanam padi akan jatuh pada pertengahan bulan Mei bertepatan dengan bulan Ramadhan. Air irigasi baru dialiri oleh pemerintah beberapa hari terakhir. Sebagian petani bahkan hingga saat ini masih ada yang belum membajak sawah dengan traktor.

Komentar

Berita Terbaru