oleh

Akreditasi Ulang, Dua Pukesmas di Bireuen Kini Berstatus Utama

PENANEGERI, Bireuen – Setelah dilakukan akreditasi ulang oleh tim kreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dua Pukesmas di Bireuen kembali meraih perdikat Utama.

Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, dr Amir Addani M.Kes kepada Penanegeri.com, Kamis (7/11) mengatakan, setelah dilakukan akreditasi ulang, maka ditetapkan kedua Pukesmas di Bireuen berstatus Utama.

“Kedua Pukesmas yang kini telah ditetapkan statusnya menjadi perdikat Utama yakni Pukesmas Jeumpa dan Pukesmas Peudada,” katanya.

Sebelumnya, kedua Pukesmas ini masih predikat Madya, namun setelah tim turun kembali ke Bireuen, maka ditetapkan menjadi Pukesmas predikat Utama.

Untuk Pukesmas Peudada, sambung Amir Addani, tim turun  pada 10 Oktober, lalu tim yang sama kembali turun ke Pukesmas Jeumpa 17 Oktober.

Usai kujungan tersebut, maka tim menetapkan mengeluarkan hasil penilaian kedua Pukesmas ini dan naik predikatnya dari Madya ke Utama.

“Tujuan dilakukan akreditasi ini sebagai bentuk penilaian terhadap tanggungjawab dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Pukesmas,” terangnya.

Baca Juga  BMKG Aceh Ingatkan Nelayan untuk Berhati-hati

Diakui Amir Addani, dalam aturannya setiap Pukesmas harus dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk warga masyarakat, selanjutnya setiap dua atau tiga tahun sekali kembali dinilai oleh tim, terutama segi pelayanan.

Selama penilaian, tim tersebut langsung melakukan pertemuan dengan para medis, tokoh masyarakat sekitar Pukesmas, meninjau fasilitas Pukesmas, manajemen hingga langsung menanyakan kepada masyarakat terkait pelayanan yang diterima saat berobat di Pukesmas.

Sementara yang belum dilakukan penilaian Pukesmas di Bireuen yakni Pukesmas Cot Ijue, Peusangan serta Pukesmas Mon Keulayu, di Kecamatan Gandapura.

“Tapi tidak tertutup kemungkinan kedua Pukesmas ini akan dinilai awal Desember ini, dan tim akreditasi tersebut kembali turun ke Bireuen,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru