oleh

Aksi Demo Mahsiswa Warnai Pelantikan Anggota DPRK Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Sedikitnya 300 mahasiswa dan pemuda melakukan aksi  unjuk rasa bersamaan dengan pelantikan anggota DPRK Bireuen di depan gedung dewan setempat, Senin (2/8).

Unjuk rasa mahasiswa dan pemuda Bireuen dilakukan itu merupakan refleksi 2 tahun kepemimpinan Bupati Bireuen,  H Saifannur S.Sos dan Wakil Bupati H Muzakkar A Gani yang dianggap belum mampu melakukan perubahan dan menyentuh kalangan bawah.

Aksi demo tersebut digelar sejak pukul 11.00 WIB, usai prosesi  pelantikan dan pengambilan sumpah 40 anggota DPRK priode 2019-2024 mendatang.

Sebelumnya, aliansi mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Aksi 2 September sempat melakukan longmarch dari Simpang Empat menuju Tugu Kota Juang, dan persimpangan sempat terhalang dengan blokade personel keamanan, di ruas jalan masuk Malahayati.

Terakhir, usai dilakukan pertemuan singkat dengan Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi didampingi Kapolsek Kota Juang, AKP Sufli, mahasiswa dan pemuda Bireuen itu bergerak kedepan wakil rakyat yang baru saja disumpah.

Di depan gedung DPRK Bireuen, sejumlah mahasiswa menyampaikan sejumlah catatan hitam selama 2 tahun Bireuen dipimpin Saifannur-Muzakkar yang dianggap masih jalan ditempat, kecuali gebrakan kegiatan seremonial di kecamatan.

Baca Juga  Polsek Tanah Luas Tangkap Seorang Pencuri

Dikesempatan itu, mahasiswa dan pemuda Bireuen juga menggelar aksi treatrikal, seorang mahasiswa, Ikhsan duduk dikursi roda sambil mengisap rokok dan sesekali ikut tertidur pulas, memperagakan layaknya pejabat dan diduga orang nomor satu di Bireuen.

“Lihatlah hari ini dewan dan wakil rakyat kita sedang menggelar pesta. Kita datang menyampaikan aspirasi masyarakat dan menyampaikan kebenaran, agar 5 tahun ke depan dapat bekerja demi masyarakat,” sebut salah seorang orator, Ahyar Rizki, di dampingi sejumlah orator lainnya.

Terakhir, pimpinan sementara DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos atau Ceulangiek dan sejumlah anggota lainnya, Syauqi Futaqi, Yufaidir, M Nasir Thaleb, Juniadi dan Zulkarnaini yang baru saja diambil sumpahnya ikut menemui mahasiswa.

Selanjutnya wakil rakyat Bireuen yang baru duduk di kursi empuk itu ikut menandatangani perjanjian deklarasi bersama, dan mahasiswa dan pemuda Bireuen membubarkan diri dengan damai dan tertib.

Komentar

Berita Terbaru