oleh

Aksi Mahasiswa Papua di Depan Istana

PENANEGERI, Jakarta  –  Sejumlah ratusan mahasiswa dan mahasiswi Papua Barat menggelar aksi unjuk rasa di Taman Aspirasi,  depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019), massa mahasiswa tiba sekitar pukul 13.05 WIB.

Kedatangan mereka dikawal aparat kepolisian dan TNI di Jalan Medan Medeka Utara, Jakarta pada Kamis (22/8/2019) siang

Ratusan mahasiswa tersebut bertelanjang dada sambil membawa atribut suku antara lain berupa topi bulu burung dan atribut adat lainnya.

Selain itu mereka juga melukis wajahnya dengan lambang Bintang Kejora dan menyanyikan lagu bernada Kemerdekaan Papua.

Pendemo juga membentangkan sejumlah poster bertuliskan aspirasi mereka. Sejumlah aspirasi yang termuat dalam poster mereka antara lain “Lawan Rasisme”,Tutup Freeport dan Berikan Hak Penentuan Nasib Sendiri Bagi Bangsa West Papua”, dan “Usir Orang Papua Pulang Ke Tanah Airnya Maka NKRI Harus Keluar Dari Tanah Papua Sebagai Jalan Paling Demokratis”.

Mereka juga meneriakkan sejumlah orasi antara lain meminta agar Pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menangkap pelaku yang diduga memaki Mahasiswa Papua di Surabaya dengan sebutan m****t.

“Karena kami bukanlah m****t, kami manusia,” kata seorang orator. Kata-kata orator tersebut kemudian disambut dengan teriakan mahasiswa Papua.

Semakin siang, para Mahasiswa Papua terus berdatangan dan bergabung dengan peserta aksi. Setelah mobil komando sound system datang, orator naik ke atas komando datang

Di depan Istana Negara, para mahasiswa mendengarkan orasi yang mengatakan mahasiswa di Jawa hanya ingin kuliah dan tidak melakukan rasisme.

“Kawan-kawan, orang Papua tidak pernah melakukan rasisme. Kami di Papua multietnis, kami di Jakarta, Jawa, hanya ingin kuliah,” ujar orator di atas mobil komando.

Setiba di depan Istana Negara, para mahasiswa langsung menggelar aksi. Mereka membuat lingkaran dan berteriak-teriak dengan bahasa Papua.

Sementara itu, aparat kepolisian membuat barikade hidup di depan massa mahasiswa. Lalu lintas di depan Istana Negara pun ramai lancar. (*/red)

video youtube :

Komentar

Berita Terbaru