oleh

Aksi Massal Bela Palestina di Monas

PENANEGERI, Jakarta – Dalam aksi ribuan massa untuk Bela Palestina yang berlangsung secara tertib dan damai di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, hari Minggu (17/12), massa sudah berkumpul sejak hari Minggu dini hari.

Aksi Bela Palestina 1712 ini diawali dengan salat subuh berjamaah di Monas.

Sejumlah tokoh hadir seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pelaksana Tugas Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa tokoh lainnya.

Mulai pagi hari pukul 07.00 WIB daerah Monas  dan sekitarnya  diguyur hujan rintik-rintik namun massa tetap semangat untuk berkumpul dan berdemonstrasi.

Diperkirakan ribuan demonstran yang berkumpul di bundaran Monas dan mereka selanjutnya akan berunjuk rasa menuju kedutaan besar Amerika.

Dalam aksi demonstrasi ini demonstran mengecam keras pernyataan presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel.

Aksi yang disebut ‘Bela Palestina’ mereka menuntut bahwa Yerusalem adalah ibukota Palestina.

Baca Juga  Sekjen PBB Serukan Penyelidikan atas Bentrokan Berdarah di Perbatasan Israel-Gaza

Hingga menjelang siang hari, Massa Aksi Bela Palestina atau aksi 1712 itu ada yang masih terus berdatangan ke Monas, Jakarta Pusat.

Mereka membawa atribut berupa bendera dan spanduk berisikan dukungan untuk Palestina.

Massa yang datang ke Monas untuk menyuarakan aksinya juga membawa bendera Merah-Putih dan bendera Palestina.

Aksi ini merupakan bentuk dukungan pada bangsa Palestina. Juga sebagai aksi protes terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas keputusannya mengakui Yerusalem merupakan ibu kota Israel, dan akan memindahkan Kedubes A.S dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam orasinya di Monas, Anies Baswedan mendukung penuh kedaulatan Palestina.

Anies Baswedan menyatakan, aksi di Monas ini adalah penegasan bahwa Indonesia selalu mengakui Kemerdekaan Palestina.

Hal yang sama menurutnya pernah dilakukan Palestina saat mengakui kemerdekaan Indonesia tahun 1945 saat negera lain banyak yang belum mengakui.

“Indonesia berutang pada mereka (Palestina), dan hari ini kita berjuang untuk kemerdekaan mereka,” katanya.

Anies Baswedan juga berterimakasih pada massa aksi bela Palestina di Monas karena telah dapat berlaku tertib dan damai, juga menjaga kebersihan.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Kebijakan Indonesia Terhadap Palestina Tidak Berubah

Lantunan zikir dari ribuan peserta aksi Bela Palestina itu pun bergema di Lapangan Monas pada hari Minggu (17/12).

Pada tengah hari, massa peserta aksi Bela Palestina ini kemudian membubarkan diri dengan tertib dari lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Minggu siang (17/12), pukul 11.02 WIB. Sebagian besar massa kemudian melanjutkan aksi ke Kedutaan Besar Amerika Serikat yang terletak tak jauh dari Monas.

Sejumlah personel polisi lalu lintas yang berjaga di lokasi terpantau mengawal bubarnya massa. Petugas juga terlihat menjaga ketat jalan di depan Kedubes AS Kawat berduri juga sudah dipasang oleh petugas di depan gedung Kedubes AS (*)

Komentar

Berita Terbaru