oleh

Alergi Berat, Seorang Balita di Baktiya Kondisinya Memperihatinkan

-Aceh-136 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Seorang balita perempuan berusia 20 bulan di Gampong Matang Cut, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit karena kondisinya sudah sangat memperihatinkan.

Menurut Ismail Kepala Puskesmas Baktiya, balita bernama Zuhera Aqifa itu diduga mengalami faktor alergi, sehingga setelah dijenguk oleh salah satu dokter Puskesmas itu langsung dirujuk ke RS Cut Mutia di Lhokseumawe.

“Informasi yang saya terima, sebenarnya itu bukan gizi buruk. Balita itu mengalami faktor penyakit (sejenis alergi). Sehingga terpengaruh dengan gizi. Setelah terkena penyakit itu, otomatis pola makan sudah tidak ada dan kondisi (badannya) pun menurun,” tutur Ismail kepada Penanegeri.com, Kamis (10/1).

Dijelaskannya, Zuhera Aqifa merupakan buah hati dari pasangan M Tajuddin (40) dan Agustina (36). Pada tanggal 20 Desember 2018 lalu, pihak Puskesmas secara swadaya mengumpulkan biaya untuk merujuk balita itu ke rumah sakit.

Bakita di Baktiya
(Penanegeri/Jamal) : Kondisi balita Zuhera Aqifa saat dirawat di RSUD Cut Mutia, Lhokseumawe.

“Orang kami mengumpulkan biaya secara swadaya untuk membawa balita itu ke rumah sakit, karena keluarga kurang mampu. Saya tidak bisa menjelaskan tentang penyakitnya. Yang jelas menurut hasil pemeriksaan dokter kita, balita itu mengalami alergi berat. Saya sarankan kepada keluarganya agar jangan membawa pulang dulu ke rumah sebelum benar-benar sembuh,” terang Ismail.

Amatan Penanegeri.com, kondisi balita tersebut sudah sangat memperihatinkan. Kaki sebelah kiri terlihat seperti kembung dan sebelah kanan mengecil. Sementara tubuhnya juga terlihat seperti kekurusan. Kasus ini sudah disampaikan pihak Puskesmas ke Sekda Aceh Utara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *